Pihak terkait menetapkan status waspada untuk Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terhadap ancaman banjir atau bandang akibat jumlah kawasan ini diprakirakan hujan lebat dalam tiga hari, yakni pada 16-18 November.


Dalam tiga hari mendatang sejumlah wilayah di Kaltim mungkin terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang durasi pendek," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa.

Wilayah yang mungkin hujan lebat tpada Selasa, 16 November yakni pada dua kecamatan di Kabupaten Mahakam Ulu, yakni Kecamatan Long Bagun dan Long Apari.

Kemudian di Kabupaten Paser terjadi di Kecamatan Batu Sopang, dan Muara Komam, kemudian di Kecamatan Babulu di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan di Kota Samarinda.

Selanjutnya hujan lebat di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kutai Barat, yakni Kecamatan Long Iram, Bentian Besar, Bongan, Damai, dan Kecamatan Muara Pahu.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara terjadi di Kecamatan Tabang, Tenggarong, Muara Muntai, Sebulu, dan Loa Janan Ilir, kemudian satu kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, yakni Kecamatan Muara Wahau.Kutai Kartanegara terjadi di Kecamatan Tabang, Tenggarong, Muara Muntai, Sebulu, dan Loa Janan Ilir, kemudian satu kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, yakni Kecamatan Muara Wahau.

Pada Rabu, 17 November, lanjutnya, hujan lebat disertai angin diprakirakan terjadi di Balikpapan dan sejumlah kecamatan di Kutai Barat, Kutai Timur, Berau, dan Kutai Kartanegara, yakni Kecamatan Muara Pahu, Sangatta, Tabalar, Muara Badak, Sandaran, dan Karangan.Balikpapan dan sejumlah kecamatan di Kutai Barat, Kutai Timur, Berau, dan Kutai Kartanegara, yakni Kecamatan Muara Pahu, Sangatta, Tabalar, Muara Badak, Sandaran, dan Karangan.

Kemudahan 18 November, lanjut Diyan, hujan lebat disertai angin kencang dapat terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Kutai Barat, yakni Kecamatan Long Iram, Damai, Muara Pahu, Sendawar, Melak.Diyan, hujan lebat disertai angin kencang dapat terjadi di sejumlah kecamatan pada Kabupaten Kutai Barat, yakni Kecamatan Long Iram, Damai, Muara Pahu, Sendawar, Melak.

Di Kabupaten Kutai Timur meliputi Kecamatan Muara Wahau, Sangkulirang, Kongbeng, Muara Ancalong, Batu Ampar, Bengalon, Sangatta, Sandaran, dan Kecamatan Karangan, kemudian Kecamatan Laham di Kabupaten Mahakam Ulu.

"Kemudian Kabupaten Berau meliputi Kecamatan Kelay, Tanjung Redeb, Maratua, dan Kecamatan Pulau Derawan, termasuk di Kota Balikpapan, dan Kecamatan Sebulu di Kabupaten Kutai Kartanegara," kata Diyan.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021