Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur M. Sa’bani, meminta kepada seluruh kabupaten kota di wilayah setempat untuk semakin cepat melaksanakan akselerasi vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat luas.


“Kita harap kabupaten dan kota bisa terus melakukan akselerasi vaksin COVID-19, sehingga apa yang kita targetkan bersama terbentuknya 'herd immunity' (kekebalan komunal) pada akhir tahun bisa mencapai 100 persen,” katanya di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda, Jumat.

Ia memastikan bahwa ketersediaan vaksin di Kaltim cukup banyak dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Oleh karena itu, Sa'bani meminta kerja keras Dinas Kesehatan kabupaten dan kota melaksanakan vaksinasi sehingga pada saatnya bisa tercapai 100 persen, agar cepat pula terbentuk kekebalan komunal di Kaltim secara keseluruhan.

“Gerakan vaksinasi massal yang dilakukan kabupaten dan kota seperti saat ini fokus pada pelajar, kita harap terlaksana, termasuk vaksinasi bagi masyarakat juga dilaksanakan dengan harapan semuanya berjalan lancar sesuai apa yang kita harapkan,” katanya.

Sa'bani juga meminta kabupaten/kota jika dalam akselerasi vaksinasi terjadi masalah atau kendala, segera melaporkan ke provinsi, sehingga cepat dicarikan solusinya dan program vaksinasi tidak terhambat.

"Jika ada masalah yang menghambat kita minta kabupaten kota untuk segera melaporkannya, sehingga cepat pula dilakukan solusinya, dengan begitu percepatan vaksin dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.

Sa'bani menambahkan pemerintah terus berupaya keras menyukseskan vaksinasi didaerah, namun kunci dari keberhasilan itu harus didukung semua pihak, khususnya peran serta masyarakat Kaltim.

"Vaksinasi dan kedisiplinan masyarakat harus dilaksanakan secara bersama. Pemerintah akan terus mendorong peningkatan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 5M, atau memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas," kata Sa'bani.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021