Jumlah warga yang dinyatakan positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur hari ini bertambah satu orang, sehingga pasien yang masih positif menjadi enam orang.
 

"Meski jumlah yang positif tersisa enam orang, namun saya terus mengimbau masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi positif," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU dr Jansje Grace Makisurat di Penajam, Kamis.
 
Dari enam pasien positif tersebut, lanjutnya, terdapat 1 pasien yang dirawat di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB), sedangkan yang lima orang menjalani isolasi mandiri.
 
Dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19, selain mengupayakan semua warga mendapat vaksinasi, juga terus mengingatkan warga untuk menerapkan prokes seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak aman, sering cuci tangan menggunakan sabun, dan lainnya.
 
Ia mengatakan, adanya penambahan satu positif COVID-19 hari ini, maka total positif sejak tahun lalu hingga sekarang mencapai 4.440 orang.
 
Perkembangan per kecamatan dari total positif sebanyak 4.440 orang tersebut adalah di Kecamatan Penajam masih zona kuning yang tersisa 4 orang positif, 2.198 orang sembuh, dan 102 orang meninggal.Penajam masih zona kuning yang tersisa 4 orang positif, 2.198 orang sembuh, dan 102 orang meninggal.
 
Kemudahan di Kecamatan Waru sudah zona hijau karena sudah tidak ada lagi warga yang positif, terdapat 462 orang selesai isolasi karena telah sembuh, dan total meninggal karena COVID-19 ada 23 orang.COVID-19 ada 23 orang.
 
Kecamatan Babulu masih di zona kuning dengan menyisakan dua orang positif, terdapat total 664 orang selesai isolasi alias sudah sembuh, dan ada 50 orang meninggal.Babulu masih di zona kuning dengan menyisakan dua orang positif, terdapat total 664 orang selesai isolasi alias sudah sembuh, dan ada 50 orang meninggal.
 
"Kemudian di Kecamatan Sepaku pun sudah berada di zona hijau karena tidak ada lagi warga yang positif, total ada 879 orang selesai isolasi karena sembuh, dan total meninggal karena COVID-19 terdapat 56 orang," ujar Grace.Sepaku pun sudah berada di zona hijau karena tidak ada lagi warga yang positif, total ada 879 orang selesai isolasi karena sembuh, dan total meninggal karena COVID-19 terdapat 56 orang," ujar Grace.
 
Ia juga mengatakan bahwa total suspek COVID-19 sejak 22 Maret 2020 hingga 11 November 2021 mencapai 6.085 kasus. Dari jumlah ini 31 orang diantaranya meninggal dengan komorbiditas.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021