Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, mendukung kegiatan Pemuda Kreatif Ekonomi Maju (Pakem) Expo 2021 yang digelar DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk membangkitkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).  .


“Pakem Expo digagas Ketua DPD KNPI Kukar Eko Wulandanu tidak menggunakan dana APBD Kukar dan Dispora sangat mendukung kegiatan itu,” ungkap Plt Kepala Dispora Kukar Fida Hurasani di Tenggarong, Kamis.

Kegiatan dilaksanakan selama 10 hari, mulai tanggal 5 hingga 14 November 2021, di area parkir Gedung Putri Karang Melenu, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Menurut Fida kegiatan Pakem Expo merupakan salah satu program Ketua KNPI yang ingin mencoba menggandeng rekan-rekan dunia usaha khususnya para pelaku UMKM.

Fida Hurasani yang akrab dipanggil Afe mengatakan hal itu juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah, Satgas Gakkum dengan memberikan rekomendasi pelaksanaan Expo di masa pandemi yang masuk level dua.

“Apalagi kegiatan Pakem Expo dalam rangka membangkitkan kembali semangat dan memulihkan perekonomian di Kukar," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, semenjak diberlakukan PPKM level 4, banyak pembatasan-pembatasan salah satunya penerapan jam malam.

Fida menegaskan giat ekonomi harus didukung dan mendapat perhatian, beberapa bulan lalu Kukar masih level 4, kondisi teman-teman pelaku UMKM memprihatinkan.

Saat ini menjadi tanggung jawab moril memberikan dukungan untuk membangkitkan pelan-pelan roda perekonomian masyarakat Kukar.

Dia berharap melalui Expo semoga bisa membantu pelaku UMKM secara perlahan untuk kembali merangkak pulih meskipun secara bertahap mulai lagi usahanya.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Sapri Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021