Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mempercepat  vaksinasi COVID-19 menggunakan 12.700 dosis vaksin jenis Pfizer.

"Kami telah terima sebanyak 12.700 dosis vaksin Pfizer," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Jense Grace Makisurat di Penajam, Selasa.

"Untuk percepatan vaksinasi, kami lakukan vaksinasi massal dengan vaksin itu selama empat hari berturut-turut," tambahnya.

Dengan dosis vaksin jenis Pfizer yang tersedia tersebut, lanjut ia, ditargetkan sebanyak 5.800 sasaran tervaksinasi dalam pekan ini.

Target vaksinasi massal COVID-19 sebanyak 1.100 orang per hari dengan sasaran masyarakat umum dan peserta didik atau pelajar.

Vaksinasi massal dipusatkan di Graha Pemuda Kilometer 8 Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Dalam pelaksanaan vaksinasi massal itu kami libatkan TNI dan Polri, dengan menerapkan protokol kesehatan," ucap Grace Makisurat.

Vaksinasi massal juga dilaksanakan di empat puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) di Kecamatan Waru dan Babulu.

Dengan adanya tambahan vaksin COVID-19 jenis Pfizer tersebut, kata dia, dapat membuat capaian vaksinasi di Kabupaten Penajam Paser Utara berjalan cepat.

Tercatat cakupan vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Penajam Paser Utara sekitar 43,5 persen, sedangkan cakupan vaksinasi dosis kedua sekitar 27 persen.

Dari angka capaian vaksinasi COVID-19 tersebut hanya petugas pelayanan publik dan tenaga kesehatan yang mencapai lebih dari 100 persen.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021