Dua wilayah di Kaltim yakni Kabupaten Mahakam Ulu dan Kabupaten Kutai Kartanegara berpeluang untuk masuk zona hijau COVID-19, setelah di dua wilayah tersebut hanya menyisakan dua pasien terpapar virus corona.


Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Minggu  mengatakan Mahulu dan Kukar saat ini berstatus zona kuning, seperti halnya lima daerah lainya yakni Kutai Timur, Panajam Paser Utara, Berau, Paser dan Bontang.

"Tiga wilayah Kaltim lainnya yakni Samarinda, Balikpapan dan Kutai Barat masih berstatus zona orange karena jumlah pasien COVID-19 yang menjalani perawatan lebih dari 25 orang," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda.

Andi menyampaikan secara keseluruhan pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan di wilayah Kaltim sebanyak 164 orang.

Pasien tersebut tersebar di Samarinda 32 orang, Balikpapan 31 orang, Kutai Barat 26 orang, Bontang 19 orang, Berau 14 orang, Kutai Timur 14 orang, Paser 13 orang, Panajam Paser Utara 11 orang, Kutai Kartanegara 2 orang dan Mahakam Ulu 2 orang.

Andi menegaskan pada update kasus harian Minggu (31/10) terjadi penambahan kasus sembuh sebanyak 21 kasus , sedangkan kasus terkonfirmasi positif ikut bertambah 11 kasus.

"Dengan adanya tambahan kasus baru itu menjadikan akumulasi kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kaltim sebanyak 157.933 kasus, dan yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 152.319 kasus," jelas Andi.

Dia menambahkan untuk kasus meninggal
dunia tidak ada penambahan kasus baru, sehingga jumlah total kasus meninggal dunia akibat virus corona di wilayah Kaltim sebanyak 5.450 orang.

Andi kembali mengingatkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, meskipun grafik perkembangan kasus tengah melandai.

"Tetap harus waspada terhadap potensi lonjakan kasus, oleh karenanya masih perlu untuk patuh terhadap protokol kesehatan," tegas Andi.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021