Sociolla Store, gerai berkonsep omnichannel sekaligus toko offline dari Sociolla, beauty platform ter depan di Indonesia di bidang kecantikan dan perawatan diri resmi hadir di Samarinda. 


Kehadiran toko seluas 196 meter persegi di Big Mall Samarinda ini menerapkan konsep omnichannel yakni integrasi teknologi online dan offline yang menghadirkan pengalaman berbelanja secara lengkap bagi pecinta kecantikan. Gerai omnichannel Sociolla Store merupakan yang pertama dihadirkan di Samarinda.

Berdasarkan data internal perusahaan, selama satu tahun terakhir terdapat peningkatan jumlah pengguna baru dari Kalimantan Timur hingga 21%. 

Social Bella mencatat kategori produk kecantikan dan perawatan diri yang paling menjadi incaran para beauty enthusiast Samarinda di tahun 2021 ini yaitu produk toner, face serum dan sunscreen. 

Sociolla juga mencatat bahwa brand COSRX asal negeri ginseng (Korea) merupakan brand primadona bagi para pecinta kecantikan selama tiga tahun terakhir.

Di sisi lain, selama rentang Q3 di 2021 Social Bella mencatat terdapat peningkatan keranjang belanja oleh pengguna dari Samarinda hingga 30% jika dibandingkan di tahun sebelumnya yaitu Q3 2020.

Peningkatan pemesanan produk di Sociolla oleh pengguna Samarinda di Q3 2021 pun meningkat sebesar 27% dibandingkan di Q3 tahun 2020.

"Industri kecantikan bergerak begitu dinamis. Di tengah banyak perubahan yang terjadi dengan adanya pandemi, Social Bella mampu merespon hal tersebut dengan cepat dan solutif. Hal ini salah satunya didorong oleh pemahaman yang mumpuni terhadap kebutuhan pelanggan lewat ekosistem kecantikan yang menyeluruh dari hulu ke hilir," kata Co-Founder & CMO Social Bella Chrisanti Indiana. 

Hal itu tercermin pada data kami dimana penjualan produk Sociolla di Samarinda dari sebelum pandemi yaitu di Q3 2019 hingga sekarang di Q3 2021 mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu sebesar 67%.” jelas Chrisanti.

Khusus di pembukaan pertama ini, Sociolla memberikan extra voucher 20% hingga Rp100.000 dengan minimal pembelanjaan Rp400.000 untuk 200 pelanggan pertama yang melakukan pembelanjaan di Sociolla Store Big Mall Samarinda.

Sebagai destinasi berbelanja produk kecantikan berkualitas, Sociolla Store dilengkapi dengan banyak fitur yang terintegrasi dengan platform SOCO, super app kecantikan yang dapat membantu pengguna menikmati pengalaman kecantikan secara holistik.

Inovasi ini memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk menemukan produk yang tepat sambil menikmati pengalaman berbelanja yang mudah dan menyenangkan.

Pelanggan cukup melakukan scan barcode melalui aplikasi SOCO https://play.google.com/store/apps/details?id=com.socialbella.soco pada produk yang diinginkan untuk mendapatkan informasi lengkap mulai dari deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan produk, hingga rating dan ulasan pelanggan lainnya. 

Meskipun saat pandemi ini tester produk ditiadakan di gerai offline Sociolla untuk menjaga kesehatan bersama, pelanggan tidak perlu ragu ketika ingin membeli produk yang diinginkan. Fitur Scan Barcode ini akan sangat mendukung kegiatan berbelanja yang lebih aman dan nyaman di tengah pandemi.

Chrisanti mengungkapkan Gerai berkonsep omnichannel ini merupakan upaya kami dalam menghadirkan layanan kecantikan yang menyeluruh, karena kami memahami bahwa dalam hal produk kecantikan, pengalaman berbelanja secara offline juga dibutuhkan.
Area Skin Shelf di Sociolla Store Big Mall Samarinda (Antaranews Kaltim/HO/Socialla)
Khusus di Sociolla Store Big Mall Samarinda ini, pihaknya menghadirkan ribuan produk kecantikan dari 131 brand yang terdiri dari brand lokal hingga mancanegara. Keseluruhan produk yang dihadirkan telah dikurasi, dijamin kualitas dan keamanannya dengan sertifikasi 100% BPOM. 

"Ini menjadi poin penting yang selalu kami tekankan sebagai upaya untuk melindungi pelanggan di tengah banyaknya peredaran kosmetik dan produk kecantikan ilegal. Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Sociolla Store, pelanggan bisa menikmati kegiatan berbelanja secara aman," katanya.

Tidak hanya itu, pelanggan juga akan dimanjakan dengan berbagai fitur menarik dalam gerai omnichannel Sociolla Store diantaranya Mask Wall, merupakan dinding yang menyediakan sheet mask dari berbagai brand di dunia serta Beauty Bar yang berisi ragam produk make up. 

Lip Bar yang berisi ratusan produk untuk bibir dan Skin Shelf yang berisi berbagai skin care pilihan.

Tantangan pandemi tak menurunkan tingginya minat produk kecantikan di Samarinda Di tengah tantangan pandemi, industri kecantikan mampu menunjukkan ketahanan yang luar biasa. 

Data Kementerian Perindustrian menunjukkan sektor kosmetik tumbuh signifikan di 2020. Ini terlihat dari kinerja pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional, di mana kosmetik termasuk di dalamnya, tumbuh 9,39 persen.

Pertumbuhan industri kecantikan, termasuk kosmetik terus bertahan bahkan meningkat meskipun di tengah pandemi. Pertumbuhan ini juga tercermin dalam data Social Bella, perusahaan kecantikan berbasis teknologi yang menaungi Sociolla, beauty platform terdepan di Indonesia di bidang kecantikan dan perawatan diri.

Pewarta: Abdul Hakim Muhiddin

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021