Bontang (Antara Kaltim) - Kota Bontang, Kalimantan Timur, dalam ekspose hasil pemantauan pertama (P1) Adipura meraih peringkat pertama se-Kalimantan untuk kategori kota sedang.

"Alhamdulillah saat ini Bontang berada di posisi peringkat pertama untuk P1 Adipura kategori kota sedang.  Jadi, untuk meraih Adipura Kencana 2013 tinggal setengah langkah lagi," kata Wakil Wali Kota Bontang, Isro Umarghani, di Bontang, Kamis.

Isro menindaklanjuti ekpose P1 yang telah berlangsung Rabu (6/3), pada Kamis ini diselenggarakan rapat koordinasi untuk mengambil langkah dan aksi secepatnya untuk mengejar nilai-nulai yang masih di bawah 70 dan memunculkan komplain unggulan.

"Untuk beberapa indikator  masih memiliki nilai dibawah 70 sehingga inilah yang mendapat prioritas penekanan untuk segera dibenahi untuk penilaian pemantau kedua (P2) dengan harapan raihan angkanya akan lebih tinggi menuju Adipura Kencana sebagai target tahun ini," ujar Isro.

Wakil Walikota Bontang ini merinci beberapa indikator penilaian yang nilainya masih rendah antara lain, pemukiman di Jl Kalimantan KCY pada drainase dan pengelolaan sampah, BTN Jl Mangis pada ruang terbuka hijau, BTN Jl Bali pada pemilahan sampah, Jl Bete-Bete Tanjung Laut Indah pada bangunan fisik tempat sampah.

"Untuk Jl Martadinata Loktuan, Jl WR Supratman, Jl R Suprapto, Jl Awang Long pada ruang terbuka hijau  (RTH) dan drainase," ungkapnya.

Kawasan perkantoran dengan nilai masih rendah terjadi pada Kantor Pelayanan Terpadu, Kantor Walikota khususnya pada penyediaan tempat sampah diluar ruangan, RTH dan pengolahan sampah.

Indikator penilian untuk kawasan pasar terdapat catatan untuk Pasar Rawa Indah pada penyediaan tempat sampah, Pasar Citra Mas Loktuan pada penertiban pedagang kaki lima. Kawasan pertokoan terdapat catatan kurang ruang terbuka hijau.

"Secara gamblang tim dari Eco Regent yang berkedudukan di Balikpapan sebagai wakil dari Kementerian Lingkungann Hidup di regional Kalimantan yang terdiri Andi Kusuma dan Hariyanto menyampaikan hal-hal temuan fakta lapangan dan berbagai kiat terkait langkah untuk meraih Adipura Kencana," kata Isro.

Isro menyampaikan saat ini Bontang peringkat 13 kota sedang se-Indonesia untuk tahun 2012 dan tahun sebelumnya peringkat 17.

Sesuai ketentuan untuk meraih Adipura Kencana maka yang akan diundang untuk presentasi di depan Kementerian Lingkungan Hidup adalah peringkat lima se Indonesia.

"Bontang tinggal setengah langkah lagi untuk mengejar Piala Adipura Kencana serta jauh lebih penting adalah esensi  kenyamanan dan kebersihan walau penghargaan juga penting ," ujarnya (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013