Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (AGM) mengatakan, Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Indonesia (Aspeksindo) ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir kepulauan.


"Untuk itu, diperlukan pengurus yang memiliki komitmen kuat untuk mewujudkan keinginan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia tersebut," ujar AGM yang juga mantan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aspeksindo, di Penajam, Senin.

Terkait dengan itu, lanjutnya, maka tidak salah dengan terpilihnya secara aklamasi Wali Kota Samarinda Andi Harun menjadi Ketua Umum DPP Aspeksindo periode 2021- 2025 pada Munas II di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat, 8 Oktober.

Dalam Munas II tersebut, AGM menyerahkan tongkat kepemimpinan Ketua Umum DPP Aspeksindo kepada Andi Harun, untuk regenarasi dari Aspeksindo yang digagas oleh AGM bersama Bupati Nias Sökhiatulö Laoli, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Evangelian Sasingen, dan seluruh kepala daerah di kepulauan dan pesisir.

"Semua penggagas Aspeksindo menginginkan agar lembaga ini berguna untuk masyarakat di seluruh kepulauan dan pesisir di seluruh Indonesia, yakni ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ujar dia.

Berdasarkan AD/ART Aspeksindo, lanjutnya, pengurus yang menjadi Ketua Umum DPP Aspeksindo harus bupati, wali kota atau gubernur. 

Kini, lanjutnya lagi, sudah saatnya kepemimpinan Aspeksindo dilanjutkan oleh tokoh muda yang peduli terhadap kemaritiman Indonesia, karena semua pengurus sepakat ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Saya menyerahkan kepemimpinan kepada Andi Harun merupakan pilihan tepat, karena beliau adalah sosok yang sejalan dengan visi dan misi Aspeksindo yang selama ini memang kami inginkan di periode sebelumnya," kata AGM.
 

Pewarta: M Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021