Samarinda (ANTARA Kaltim) - Tiga atlet wushu Kaltim yang turut bertanding di PON XVIII Riau berpindah ke cabang olahraga baru Muay Thai dan saat ini sudah masuk tim seleksi nasional (seleknas) SEA Games 2013 Myanmar.

Pengurus cabang olahraga Muay Thai Kaltim Suryadi Gunawan di Samarinda, Senin, mengatakan, ketiga atlet tersebut yakni Ricky, Handi Prayitno dan Junisia Yuvita Lirung saat ini sudah berada di Jakarta untuk mengikuti tahapan seleksi timnas tahap pertama.

"Kalau mereka bisa lolos pada tahap pertama maka mereka akan melanjutkan seleksi tahap kedua yang dijadwalkan pada April di Bali. Sekaligus akan digelar Kejurnas Muay Thai," kata Suryadi yang dulunya pegulat nasional.

Suryadi membeberkan bahwa cabang Muay Thai yang berdiri tahun 2007 telah memenuhi syarat untuk dipertandingkan pada arena internasional SEA Games 2013 dan Indonesia menjadi salah satu peserta di olahraga bela diri ini.

Menurut Suryadi, PB Muay Thai telah merekrut atlet-atlet yang berbakat untuk mengikuti seleksi SEA Games 2013. Untuk atlet Kaltim, lanjut Suryadi, pengurus pusat memanggil dua atlet putra dan satu putri.

"Mereka ini sebelumnya juga atlet wushu, dan mereka beralih dari Wushu ke Muay Thay untuk mengembangkan prestasi," tutur Suryadi.

Sementara itu Pengurus Provinsi Wushu Indonesia (Pengprov WI) Kaltim mengaku sudah mengetahui tiga atletnya pindah ke cabang olahraga Muay Thai sejak beberapa bulan lalu. Kepindahan Ricky, Handi Prayitno dan Junisia Yuvita Lirung ke cabang olahraga asli dari Thailand tersebut informasinya diduga karena kurang mendapat perhatian dari pengurus wushu Kaltim..

Namun demikian Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov Wushu Kaltim, Opniel Untung, mengemukakan bahwa mungkin ada alasan lain dari ketiga atlet selain untuk mengembangkan kemampuan dan ingin mencetak prestasi di level nasional dan internasional.

"Bisa juga atlet merasa kurang mendapat perhatian dari pengurus wushu. Sehingga mereka mencari alternatif lainnya," ungkap Opniel.

Bahkan, lanjut Opniel, ketiga mantan atlet Wushu Kaltim itu kini sedang mengikuti proses seleknas di Jakarta hari ini. Pengprov WI Kaltim tidak keberatan dengan kepindahan atletnya dari cabor Wushu ke cabor Muay Thai. Pasalnya, tidak ada aturan atau mekanisme yang melarang kepindahan atlet ke cabang olahraga. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013