Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendukung rencana pemerintah kabupaten setempat membangun terminal tipe C untuk menambah PAD (pendapatan asli daerah).

"Terminal angkutan umum yang ada saat ini kondisinya cukup memprihatinkan," ujar Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Thohiron di Penajam, Jumat.

"Kami dukung rencana pembangunan terminal tipe C karena dapat tambah PAD dari pungutan retribusi," tambah politisi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS tersebut.

Legislatif (DPRD) lanjut Thohiron, akan mendukung program dan kegiatan eksekutif (pemerintah kabupaten) selama kebijakan berpihak kepada masyarakat umum atau kepentingan publik.

Dengan adanya terminal tipe C tersebut diharapkan dapat menambah minat masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara untuk menggunakan transportasi umum.

Rencana pembangunan terminal tipe C di Kabupaten Penajam Paser Utara telah masuk tahap studi kelayakan, dengan anggaran sekitar Rp300 juta.

Untuk anggaran studi kelayakan pembangunan terminal tipe C sekitar Rp300 juta yang dialokasikan pemerintah kabupaten tersebut menurut Thohiron, masih cukup wajar.

Namun pembangunan terminal tipe C itu agar segera terealisasi tegasnya, sehingga tidak menjadi pekerjaan tertinggal yang harus ditanggung kepala daerah periode selanjutnya.

Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara bakal melaksanakan pembangunan terminal tipe C pada akhir 2021, lokasinya di belakang Pasar Induk Nenang.

Terminal tipe C tersebut peran utamanya melayani kendaraan umum untuk angkutan perkotaan dan perdesaan di wilayah Penajam Paser Utara.

"Kami harapkan nantinya terminal tipe C itu dapat berkontribusi menambah pemasukan PAD Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Thohiron.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021