Telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa-Sumatera-Kalimantan (Ja-Su-Ka) ruas Batam-Pontianak mulai sekira pukul 17.33 Waktu Indonesia Barat (WIB).
 

Gangguan ini menyebabkan jaringan internet tidak dapat diakses antara lain di Balikpapan, Makassar, hingga Papua sejak sore Minggu (19/9) hingga tengah malam dan Senin (20/9) dinihari.

“Sambil mencari penyebab gangguan, kami melakukan rerouting traffic (mencarikan jalur sambungan lain) agar kualitas layanan kembali pulih,” kata Humas Telkom Indonesai Ahmad Reza, Senin.

Lepas tengah malam, sebagian besar sudah bisa kembali menikmati internet cepat. Pelanggan di Balikpapan, misalnya, yang uring-uringan sejak sore Minggu, kembali bisa menonton live streaming pertandingan sepakbola Liga Spanyol.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” kata Ahmad Reza atas nama manajemen Telkom.

“Internet ini memang sudah hampir jadi kebutuhan pokok,” komentar Bonny, warga Gang PLN, Jalan MT Harjono, Balikpapan. Meski masih langganan koran cetak, Bonny juga mengandalkan internet untuk analisis berita dan kejadian. Karena itu, ketika internet tidak bisa diakses pada sore Minggu, Bonny tidak bisa membuka sejumlah situs berita andalannya.

“Nih, hanya muter-muter saja,” katanya sambil memperlihatkan handphone di mana dia mengakses internet via wifi Indihome di rumahnya itu.

“Muter-muter saja’ yaitu tampilan penunjuk pengisian (loading) halaman website, yang berupa tanda panah melingkar berputar searah jarum jam, dan akan hilang begitu halaman berhasil ditampilkan dengan penuh. Bila halaman belum berhasil loading, pada beberapa pengaturan, panah berputar itu akan tampil terus sampai sistem di handphone atau di komputer memberitahu halaman internet yang dimaksud gagal diakses.

Diketahui kemudian gangguan internet terjadi tidak hanya di Balikpapan, tapi di seluruh Kalimantan, bahkan Pulau Natuna di ujung barat laut Kalimantan Barat, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara, Bali, bahkan sebagian Jawa Timur. Disebutkan selain internet, sebagian nomor Telkomsel juga mengalami gangguan.

“Saat ini kami sedang berusaha menemukan penyebab gangguan tersebut,” kata Humas Telkomsel Denny Abidin dalam rilis yang beredar via aplikasi WhatsApp (WA) jelang pukul 22.00 Wita.

Asal tidak menggunakan wifi Indihome, layanan WA juga dirasakan melambat, namun masih bisa diakses dan masih bisa digunakan berkomunikasi. Layanan telepon dan SMS tidak mengalami kendala.

Dari Humas Telkom Ahmad Reza kemudian disampaikan yang terjadi adalah gangguan pada sistem kabel komunikasi bawah laut Jawa-Sumatera-Kalimantan di ruas Batam-Pontianak. ***

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021