Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora) Provinsi Kalimantan Timur mengagendakan program pelatihan tingkat nasional dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya para pelatih olahraga di wilayah setempat.


Kadispora Kaltim Agus Tianur di Samarinda, Jumat mengatakan program pelatihan pelatih ini dilakukan secara bertahap dan untuk tahap awal hanya cabang olahraga karate dan squash.

"Program pelatihan ini sebagai wujud mendukung visi dan misi Gubernur dan Wagub Kaltim menuju Kaltim Berdaulat. Dengan menciptakan SDM berkualitas. Salah satunya, SDM pelatih karate dan squash," sebut Agus Tianur. 

Agus mengatakan, melalui program pelatihan para pelatih ini diharapkan bisa membawa dampak positif bagi kemajuan prestasi atlet, bukan hanya ditingkat nasional saja namun juga mengincar prestasi di tingkat internasional.

"Sejumlah siswa di Sekolah Khusus Olahraga Internasional ( SKOI) yang menjadi binaan Dispora, sebelumnya juga pernah menyabet prestasi Internasional, diantaranya atlet anggar Kaltim Gaby Novita yang pernah meraih medali emas kejuaran tingkat Asia Tenggara untuk kelompok junior," beber Agus.

Program pelatihan ini, lanjut Agus dalam waktu dekat sasarannya adalah untuk mempersiapkan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA 2021) di Paser dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Kegiatan ini juga untuk persiapan jangka panjang. Agar kita memiliki pelatih siap tempur meraih prestasi nasional maupun internasional," jelasnya.

Pelatihan dilaksanakan sejak 20-24 September 2021 di Balikpapan, diikuti 30 peserta dengan dua narasumber dan tujuh perwakilan OPD terkait di lingkup Pemprov Kaltim.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021