Perusahaan tambang batubara Berau Coal Sinar Mas membagikan obat-obatan, peralatan kesehatan dan makanan untuk pasien dan masyarakat yang terdampak COVID-19 di Berau, Kalimantan Timur.
 

“Kami juga membantu menambah kapasitas rawat inap pasien COVID-19 di RSUD Abdul Rivai sebanyak 40 tempat tidur,” kata Direktur Eksekutif Sinar Mas Hong Tjhin di Beurau, Kaltim, Minggu.

Bantuan tersebut terdiri dari 125.000 obat, 10 alat bantu pernafasan HFNC (High Flow Nassal Canula) untuk RSUD Abdul Rivai di Tanjung Redeb, dan 20.420 paket bahan makanan untuk masyarakat yang terdampak COVID-19.

Seluruh paket bantuan tersebut bagian dari vaksinasi massal 10.000 dosis yang digelar TNI-AU di Bandara Kalimarau, Berau, Kalimantan Timur, antara 8-11 September 2021.

Lebih lanjut Hong Tjhin memaparkan, paket-paket bantuan tersebut sesuai dengan program Bakti Sosial Berau Coal Sinar Mas untuk Indonesia yang terdiri dari empat program besar.

Keempat program itu adalah pembagian bantuan bahan makanan untuk masyarakat terdampak, dukungan obat-obatan penangangan COVID-19 di Berau, dukungan peralatan medis, dan dukungan pelaksanaan vaksinasi.

Pembagian bahan makanan Program Bakti Sosial Berau Coal Sinar Mas untuk Indonesia sendiri telah dimulai sejak 27 Agustus 2021.

“Kami menyasar warga di 47 kampung lingkar tambang dan masyarakat lain yang terkena dampak COVID-19,” kata Hong Tjhin.

Berau Coal bekerjasama dengan Pemkab Berau, Kodim 09/02 Tanjung Redeb, dan Polres Berau dalam membagi-bagikan bantuan tersebut.

Menurut Bupati Berau Sri Juniarsih, program-program Pemkab Berau konsisten didukung oleh Berau Coal dan Sinar Mas, terutama sekarang dalam penanganan COVID-19 dan dampaknya, yaitu mulai dari dukungan pemenuhan kebutuhan medis di RSUD Abdur Rivai maupun dukungan sosial ke masyarakat.

Hong Tjhin yang juga Pembina Yayasan Buddha Tzu Chi Cabang Sinar Mas melanjutkan, keberadaan PT Berau Coal sebagai satu unit usaha Sinar Mas di Kabupaten Berau dan Kalimantan Timur harus membawa manfaat dan energi positif bagi masyarakat. Kondisi akibat wabah COVID-19 jelas telah berdampak di semua lini kehidupan masyarakat, karena itu harus dihadapi melalui kerja sama seluruh pihak.

“Harapan kami, kepedulian, kebersamaan serta aksi nyata yang kita galang ini dapat membantu dan menguatkan kita melalui masa-masa sulit akibat wabah COVID-19 ini,” kata Hong Tjhin.

Penyerahan secara simbolis bantuan Berau Coal Sinar Mas

“Semoga ini dapat menjadi contoh dan motivasi kepada pihak lainnya,” kata Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang hadir divaksinasi hari Sabtu  di Bandara Kalimarau.

"Juga terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya ucapkan kepada semua pihak, yang telah menunjukkan kepedulian dan dukungannya, sehingga pelaksanaan vaksinasi di Kalimantan Timur dapat terlaksana dengan sangat baik," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsekal Madya TNI Imran Baidirus yang mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021