Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur segera mengajukan usulan program pertanian kepada Kementerian Pertanian RI agar mendapatkan dukungan dana dari pemerintah pusat.


"Pesan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar Pemprov Kaltim membuat program pertanian untuk disampaikan ke Kementerian Pertanian. Asalkan untuk kepentingan rakyat, Insya Allah dibantu dan Kementerian Pertanian siap mem-'back up' (mendukung)," kata Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim Abu Helmi di Samarinda, Jumat.

Abu Helmi mengaku mendapatkan pesan langsung dari Mentan Syahrul Yasin Limpo saat mengantarkan di Ruang VIP Room Pemprov Kaltim, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Jumat.

Abu menjelaskan pemprov menyambut baik atas informasi Mentan karena pengembangan sektor pertanian Kaltim dinilai berpeluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain lahan Kaltim masih luas, tentunya dapat mendukung pengembangan sektor pertanian di Kaltim.

"Pesan Pak Menteri ini akan kami tindaklanjuti dengan pihak terkait, khususnya Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura, program yang diusulkan implementasinya difokuskan untuk kemakmuran masyarakat," katanya.

Kedatangan Mentan Yasin Limpo ke Kaltim dalam rangka kunjungan kerja dengan lokasi tujuan Kota Bontang.

"Kunker Mentan ini untuk komunikasi langsung dengan pihak Pupuk Kaltim. Dengan memastikan, agar produksi maupun operasional PT Pupuk Kaltim berjalan baik," katanya.

Selain itu, lanjut Abu, kunjungan Mentan Yasin Limpo untuk mengetahui bagaimana perkembangan potensi pertanian yang ada di Kaltim.

Selanjutnya, Mentan ingin mengetahui bagaimana hasil program kerja Kementan di Bontang, terutama PT Pupuk Kaltim.

Setelah kunjungan ke Bontang, rombongan Mentan RI melanjutkan kunker ke Provinsi Kaltara.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021