Polresta Samarinda, Kalimantan Timur melaksanakan giat vaksinasi COVID-19 di rumah ibadah Gereja Santo Lukas, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang dalam kegiatan Vaksinasi Merdeka yakni pelaksanaan Vaksinasi Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah di seluruh Indonesia pada Selasa pagi.


Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman mengatakan pelaksanaan vaksinasi serentak pesantren dan rumah ibadah kepada para jemaat dan warga sekitar di Samarinda ini merupakan sinergi Polri dengan staf khusus Presiden RI yang diawaki oleh tenaga kesehatan dan Urkes Polresta Samarinda serta dari TNI dengan target memvaksin 2.500 orang dengan dosis pertama.

"Pelaksanaan kegiatan vaksin serentak pesanten dan rumah ibadah ini, Polresta Samarinda bekerjasama dengan Kemenag serta Dinkes kota Samarinda yeng bertujuan untuk mencapai herd imunity di Kota Samarinda," kata Kapolresta KBP Arif Budiman di Samarinda, Selasa.

Kapolres mengatakan pelaksanaan vaksin COVID-19 ini harus dilaksanakan dengan cepat, sejalan dengan program Pemerintah Pusat dan untuk mencapai target herd immunity bagi masayarakat Kota Samarinda.

Arif mengatakan Polresta Samarinda akan menggelar Vaksin Serentak Pesantren dan Rumah Ibadah di beberapa lokasi untuk mengejar target tersebut.

" Kegiatan ini akan terus berlanjut di rumah Ibadah lainnya dan juga sejumlah pesantren yang ada di Samarinda," kata Arif.

Arif menambahkan sesuai arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan bahwa program vaksinasi merdeka yang merangkul tokoh-tokoh agama dan santri diharapkan dapat menjadi “Getok Tular” kepada keluarga, tetangga, teman-teman, dan komunitas di lingkungannya. Sehingga masyarakat tidak ragu-ragu dalam mengikuti program vaksinasi.

"Selain itu, pelaksanaan program vaksinasi di rumah ibadah juga bertujuan untuk revitalisasi rumah ibadah sebagai fungsi sosial. Rumah ibadah pada hakekatnya memiliki fungsi membimbing perilaku jamaahnya dalam tatanan kehidupan sosial termasuk dalam pencegahan penularan COVID-19," kata Kapolres mengutip pernyataan Kapolri.

Sementara itu pihak rumah ibadah menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap Polresta Samarinda yang telah menyiapkan vaksinasi bagi para jemaat dan warga sekitar.

"Tentu saja kami sangat terbantu dengan adanya gerai vaksin yang di gagas Polresta Samarinda, semoga dengan pelaksanaan vaksinasi maka segera mewujudkan herd immmunity yang tentunya berdampak terhadap kegiatan masyarakat ke depannya," pungkasnya.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021