Sebanyak 71 anggota BPD (badan permusyawaratan desa) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang baru dilantik pada akhir 2020 telah mendapatkan pembekalan administrasi desa di Yogyakarta.

"Anggota BPD yang telah mengikuti pembekalan diharapkan mulai persiapkan pelaksanaan Pilkades," ujar Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakar dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Nurbayah di Penajam, Selasa.

Pembekalan anggota BPD yang baru diantik tersebut dilaksanakan di Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa Bantul, Yogyakarta 

Sebanyak 71 anggota BPD yang telah mendapatkan pembekalan administrasi desa menurut Nurbayah, berasal dari desa yang akan menyelenggarakan Pilkades (pemilihan kepala desa) pada tahun ini (2021).

Anggota BPD lanjut ia, harus sudah mulai mempersiapkan tahapan Pilkades, seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta membentuk daftar tim panitia Pilkades tingkat desa.

Masa jabatan 14 kepala desa di Kabupaten Penajam Paser Utara berakhir pada 27 Januari 2022, Pilkades serentak bakal dilaksanakan pada 15 Desember 2021.

Sesuai peraturan dan undang-undang tahapan Pilkades serentak harus dimulai maksimal enam bulan sebelum pelaksanaan.

"Kami harap semua anggota BPD yang baru dapat menambah ilmunya dan mengerti tugas dan fungsinya sebagai anggota BPD," ucap Nurbayah.

"Kami baru berangkatkan 71 anggota BPD yang baru ke Yogyakarta mengikuti kegiatan pembekalan administrasi desa," tambahnya.

Anggota BPD yang baru dilantik wajib mengikuti pembekalan sesuai Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2020.

Kegiatan pembekalan dilakukan secara bertahap bagi seluruh anggota BPD yang baru dilantik pada akhir 2020, sebanyak 144 orang.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021