Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak empat sekolah di Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil menjadi Juara I dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Kaltim 2012, sehingga keempatnya akan mewakili Kaltim di ajang yang sama Tingkat Nasional 2013.

"Empat sekolah yang menjadi Juara I tersebut adalah LSS untuk jenjang TK/RA, jenjang SD/MA, jenjang SMP/MTs, dan jenjang SMA/SMK/MA," ucap Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim di Samarinda, Kamis.

Dia merinci, untuk LSS jenjang TK/RA yang berhasil menjadi Juara I adalah TK YPK 2 dari Kota Bontang dengan nilai 85,09, Juara II adalah RA Al-Iklhas Samarinda dengan nilai 80,17, Juara III TK Pembina Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan dengan nilai 78,63.

Untuk LSS jenjang SD/MA, Juara I adalah SDN 031 Tana Grogot, Kabupaten Paser dengan nilai 84,73, Juara II SD Kemala Bhayangkari Balikpapan dengan nilai 81,61, dan Juara III adalah SD YPVDP Kota Bontang dengan nilai 81,18.

Pada LSS jenjang SMP/MTs, Juara I adalah SMPN I Kota Tarakan dengan nilai 83,51, Juara II SMPN 10 Samarinda dengan nilai 80,33, dan Juara III dari SMPN I Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara dengan nilai 77,23.

Untuk LSS jenjang SMA/SMK/MA, Juara I adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Samarinda dengan nilai 85,92, Juara II SMKN I Tana Grogot, Kabupaten Paser dengan nilai 80,94, dan Juara III SMAN 2 Bontang dengan nilai 79,93.

Menurut Musyahrim yang juga Ketua I Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kaltim ini, bahwa keputusan para juara tersebut telah dilakukan oleh tim yang kemudian ditetapkan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak selaku Pembina UKS Kaltim.

Sebelum tim memutusakan sekolah mana saja yang menjadi pemenang, penilaian telah dilakukan mulai Mei hingga Oktober 2012. Cara yang dilakukan adalah tim keliling ke 14 kabupaten dan kota di Kaltim untuk melakukan penilaian ke sekolah-sekolah.

Para Juara I mulai jenjang TK hingga SMA dan yang sederajat tersebut, lanjut Musyahrim, akan mewakili Provinsi Kaltim dalam lomba yang sama di tingkat nasional.

Proses penilain LSS Tingkat Nasional 2013 akan dipercepat, yakni pada tahun-tahun lalu dimulai Juli, maka mulai 2013 dimajukan pada April sehingga pada 2 Mei pemenangnya dapat diumumkan, yakni bersamaan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012