Nunukan (ANTARA Kaltim) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Nunukan Kalimantan Timur menargetkan 1.500 nelayan akan mendapatkan kartu nelayan pada tahun anggaran 2013.

Kepala DKP Kabupaten Nunukan, Ir Suprianto, di Nunukan, Sabtu, menyatakan, pada tahun 2012 hanya menargetkan sebanyak 975 kartu nelayan dan untuk tahun anggaran 2013 meningkat menjadi 1.500 kartu nelayan.

Dari 975 kartu nelayan yang ditargetkan pada 2012 ini, dia menjelaskan, yang telah didistribusikan sebanyak 541 lembar dan yang belum terdistribusi sebanyak 454 lembar.

Ia mengatakan, masih adanya kartu nelayan yang belum didistribusikan kepada nelayan di Kabupaten Nunukan disebabkan masih adanya penyuluh lapangan yang belum mengambil dan membagikan kepada nelayan masing-masing yang dibinanya, katanya.

Namun yang belum dibagikan tersebut, kata Suprianto, diupayakan sudah terbagi secara keseluruhan pada 2013 nanti selain dari target 1.500 lembar yang baru dianggarkan.

"Jadi kita targetkan 1.500 kartu nelayan pada 2013 selain dari 400 lebih yang belum terbagi tahun 2012 ini," ucapnya.

Suprianto menegaskan, proses pembuatan kartu nelayan ini disesuaikan dengan nomor induk kependudukan (NIK) dalam kartu tanda penduduk (KTP) nelayan bersangkutan dan kartu ini merupakan program nasional.

Tujuan pemberian kartu nelayan ini, kata dia, adalah sebagai identitas bagi nelayan sehingga dapat dikenali ke mana pun berada atau menangkap ikan dan untuk mendeteksinya dapat diketahui secara on line.

"Satu kartu nelayan untuk satu orang nelayan dan di kartu nelayan itu tercantum nomor KTP sehingga dapat dideteksi walaupun ke mana karena terdeteksi pada seluruh Dinas Kelautan dan Perikanan seluruh Indonesia," ujar Suprianto. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012