Dengan menggandeng Pertamina Refinery Unit (RU) V, komunitas Jelantah4Change berbagi ilmu pemasaran dengan warga Kampung Atas Air, Kelurahan Margasari, Balikpapan Barat dan sekitarnya di Kaltim, akhir pekan lalu.

“Agar ibu-ibu yang membuat lilin dari minyak jelantah di rumah dapat menjual produknya itu,” kata Yanti dari Jelantah4Change, lembaga yang mengampanyekan pemanfaatan kembali limbah rumah tangga-industri makanan berupa minyak goreng bekas pakai alias minyak jelantah.

Menurut Yanti, pelatihan pemasaran ini bagian dari rangkaian kegiatan yang sudah direncanakan bersama. Sebelumnya sudah dijalankan pelatihan membuat lilin dari minyak jelantah.

Tips dan trik pemasaran dipaparkan oleh pengusaha kuliner Ahmad, pemilik Rumah Makan Nasi Kebuli Bang Ahmad.

“Bapak-Ibu dapat memanfaatkan lapak daring atau jualan online,” kata Ahmad di depan 26 peserta pelatihan yang berlangsung di Aula Kelurahan Margasari di Kampung Atas Air.

“Jadi maksimalkan handphone yang Bapak-Ibu punya,” kata Ahmad.

Ahmad juga menyampaikan bagaimana menjalankan perbaikan produk, inovasi pada produk dan layanan, menjalankan produksi, menjaga kualitas dan mutu produk dan layanan, dan pemasaran produk.

Para peserta pelatihan adalah Kader Mitra Binaan Pertamina juga berasal dari perwakilan masyarakat dari RT-RT di Kelurahan Margasari. Mereka bagian dari komunitas Margasari Olah Jelantah (Mariojela).

Dengan dimanfaatkannya minyak jelantah menjadi bahan baku lilin, maka limbah ini tidak lagi dibuang—yang di Kampung Atas Air Margasari dulunya biasa ditumpahkan begitu saja ke kolong rumah yang adalah laut.

“Sekarang kan kami kumpulkan,” kata Ketua Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kampung Atas Akhir Kelurahan Margasari Mulyanto.

"Kami berharap dari kegiatan ini mitra binaan semakin semangat untuk dapat meningkatkan volume jelantah, menambah titik pengumpulan, dan meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil olahan dari jelantahnya yang berupa lilin. Dengan begitu dapat dipasarkan ke masyarakat luas sehingga bisa meningkatkan pendapatan," kata Humas Pertamina RU V Balikpapan Ely Chandra Peranginangin pada kesempatan yang sama.

Pertamina Refinery Unit (RU) V mendukung program pelatihan ini dengan menjadikannya sebagai satu dari program tanggung jawab dan kepedulian sosial perusahaan (CSR). Kampung Atas Air merupakan tetangga terdekat kilang Pertamina.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021