Satuan Tugas COVID-19 Balikpapan, Kalimantan Timur, dalam suasana Lebaran Idul Fitri kembali menggelar vaksinasi tahap kedua kepada 500 warga lanjut usia di Dome, Jalan Ruhui Rahayu, Balikpapan Selatan, Sabtu.
 

“Kan wabahnya tidak libur,” seloroh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty.

Selain para lansia, pada saat yang sama di Dome juga divaksin mereka dari golongan pelayanan publik seperti pedagang pasar ataupun pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Kadinkes Juliarty meneruskan Satgas COVID-19 Balikpapan juga mengejar target vaksinasi guru-guru untuk memenuhi target pembelajaran tatap muka yang direncanakan Juni mendatang.

“Pada bulan Mei ini kami akan prioritaskan penyelesaian vaksinasi bagi kelompok guru yang akan kembali mengajar tatap muka mulai Juni nanti,” kata dr Juliarty.

Selain vaksinasi massal yang digelar di Dome dan beberapa kali di pasar untuk pedagang, vaksinasi juga terus berlangsung di Puskesmas di seluruh Balikpapan. Untuk lansia dijadwalkan pada setiap hari Rabu dan Sabtu.

Untuk mempercepat vaksinasi bagi guru, sejumlah Puskesmas juga ditunjuk melayani vaksinasi bagi mereka.

Hingga pertengahan akhir April lalu sudah 8.151 orang lanjut usia Balikpapan yang divaksin atau 14,16 persen dari target 55.712 orang.

Di sisi lain, jumlah kasus positif COVID-19 Balikpapan sudah mengalami penurunan yang cukup berarti. Terlepas dari terjadinya cluster Bhumi Nirwana di mana 24 warga tertular COVID-19 di rumah ibadah menjelang Idul Fitri lalu, angka kesembuhan COVID-19 Balikpapan mencapai 93,2 persen hingga April lalu.

Menurut Kadinkes, tingginya angka kesembuhan berdampak pada keterisian pasien COVID-19 yang dilayani di 11 rumah sakit di Balikpapan. Saat ini dari seluruhnya 523 tempat tidur yang tersedia, terisi 132 pasien atau 25,2 persen.

Begitu pula ruang ICU, hanya diisi 19 pasien dari kapasitas 43 tempat tidur, atau 44 persen.

“Kita sudah di bawah standar nasional yang maksimal 70 persen,” demikian Kadinkes Juliarty.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021