Penajam  (ANTARA Kaltim) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Gokar Kaltim mendukung pasangan Andi Harahap-Sutiman sebagai calon bupati dan wakil bupati (cabup/cawabup) pada Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) 2013.

Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim, Mukmin Faisyal HP, pada Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD II Partai Golkar Kabupaten PPU, di Gedung Sipakario, Nipah-nipah, PPU, Sabtu, mengatakan, pihaknya menilai tidak ada figur lain, selain incumbent Andi Harahap yang akan diusung.

"Tapi, tidak bisa serta merta ditetapkan sebagai calon tunggal, harus melalui mekanisme penetapan," jelas Mukmin Faisyal yang juga Ketua DPRD Kalimantan Timur itu.

Tentang Sutiman, Sekretaris Kabupaten PPU yang diusung sebagai cawabup, Mukmin Faisyal menegaskan, cawabup yang akan mendampingi nantinya merupakan usulan cabup.

"Andi Harahap usulkan cawabup satu-satunya adalah Sutiman. hasil survei berdasarkan aspirasi arus bawah begitu, kita akan merestui pasangan itu," jelasnya.

Mukmin Faisjal mengungkapkan, hasil survei pertama terhadap beberapa cabup pada Pilkada Kabupaten PPU, hasilnya Andi Harahap yang masih menjabat Bupati PPU itu masih menduduki peringkat pertama.

Dengan hasil survei ini, kemungkinan besar Golkar kembali mengusung Andi Harahap di Pilkada Kabupaten PPU 2013.

"Hasil survei Golkar di Kabupaten PPU, Andi Harahap masih paling tinggi. Hanya saja hasil dari evaluasi kami, Pak Andi harus memperbaiki citranya di masyarakat supaya survei yang kedua bisa terbaik," ungkapnya.

Rekomendasi Rapimda, tambah Mukmin Faisjal, akan diserahkan kepada DPP Golkar pada Minggu (25/11), dan selanjutnya DPP akan kembali melakukan survei kedua terhadap cabup-cawabup yang akan diusung.

"Setelah DPP menerima rekomendasi itu, akan lakukan survei kedua. Dan bulan depan sudah ada hasil dari DPP," kata Mukmin Faisjal yang juga dicalonkan menjadi wakil gubernur mendampingi Awang Faroek Ishak pada Pilkada Provinsi Kaltim 2013.

Bupati PPU, Andi Harahap menyatakan, dalam Rapimda diputuskan deklarasi pasangan Andi Harahap-Sutiman yang rencana awal dilaksanakan 11 Desember 2012, diundur menjadi 29 Desember 2013.

"Karena DPP melakukan survei kedua setelah menerima rekomendasi dari Rapimda ini, dan hasil DPP baru diketahui pertengahan Desember, jadi deklarasi diundur menjadi 29 Desember," kata Andi Harahap, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten PPU.

Dalam Rapimda, suara empat pengurus tingkat kecamatan PTK bulat untuk mendukung Andi Harahap sebagai cabup dan tujuh suara memberikan pandangannya.

Selain akan mengajukan Andi sebagai cabup, Rapimda juga menyetujui Sutiman sebagai pasangan Andi Harahap untuk bertarung di Pilkada Kabupaten PPU 2013. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012