Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur tengah mempersiapkan pengembangan aplikasi BUMDes Mart.
 

Kepala DPMPD Kaltim M. Syirajudin di Samarinda, Kamis, mengatakan aplikasi ini sebagai bentuk pembinaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui fasilitasi penyediaan ruang promosi secara daring.

"Masih kita siapkan pengembangannya. Bahkan sudah ada pengembang aplikasi yang menawarkan siap membantu," kata dia.

Ia mengatakan aplikasi ini akan mengakomodasi BUMDes di 841 desa se-Kaltim yang nantinya berfungsi seperti layanan pasar.

"Aplikasi ini akan menjadi wadah promosi produk yang dihasilkan BUMDes agar dikenal secara luas melalui jejaring sosial," kata Syirajuddin.

Ia mengatakan perkembangan teknologi telah mendorong semua sektor kegiatan untuk beradaptasi, salah satunya BUMDes agar lebih cepat berkembang dalam pemasaran produk unggulannya dengan memanfaatkan teknologi.

"Tinggal kita lihat yang mana sesuai keinginan langsung kita realisasikan. Karena, tujuan aplikasi ini untuk memudahkan BUMDes mempromosikan produk mereka," katanya.

Bagi DPMPD setempat, keberadaan aplikasi ini membantu mengumpulkan data perkembangan BUMDes di Kaltim sehingga tidak perlu lagi meminta data kepada pemerintah kabupaten/kota.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021