Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, mengunjungi desa-desa untuk melakukan pembinaan guna pengayaan isi laman desa sebagai persiapan menghadapi penilaian lomba desa digital.
 
"Juni-Agustus 2021 DPMPD Provinsi Kalimantan Timur melakukan penilaian lomba desa digital, maka kami melakukan pembinaan ke desa-desa," ujar Kasi Pendataan dan Pengembangan Informasi Pembangunan DPMD Kabupaten PPU Ika Sutiyarsih di Penajam, Jumat.
 
Pembinaan untuk pengayaan isi laman yang dilakukan ke desa-desa antara lain mengenai profil desa, galeri, infografis, model transparansi, teknik pengambilan foto, gaya bahasa, aset dan potensi desa.
 
Pembinaan pengayaan isi laman desa ini dilakukan dalam dua hari ini, yakni dimulai pada dua desa di Kecamatan Sepaku, kemarin, yakni Desa Tengin Baru dan Desa Bukit Raya.
 
Kemudian Jumat ini untuk dua desa di Kecamatan Babulu, yakni Desa Babulu Darat dan Desa Bukit Subur. Sedangkan ke depan akan dilanjutkan ke Desa Sesulu dan Desa Bangun Mulya di Kecamatan Waru.
 
Desa-desa yang dibina sekaligus didampingi tersebut merupakan desa yang telah menunjukkan kinerja dalam pengelolaan laman desa, terutama keaktifan dalam pemutakhiran data dan informasi yang dapat diakses publik.
 
Ika melanjutkan, pendampingan penguatan laman desa dilakukan bukan hanya karena untuk menghadapi lomba desa digital, tapi juga dalam upaya PPU menuju desa digital sekaligus transformasi digital di berbagai lini kehidupannya.
 
"Sekarang momentum tepat menuju desa digital di PPU, karena kabupaten ini telah ditetapkan sebagai calon Ibu Kota Negara baru yang tentunya perhatian publik pun tertuju ke sini," ujar Ika.
 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021