Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke beberapa kota di Jawa Timur untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, sekaligus belajar sukses pengelolaan industri, salah satunya industri rumput laut.

 

Kunjungan pertama dilakukan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan. 

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor dihubungi dari Samarinda, Kamis mengatakan maksud kunjungan mereka ke Pasuruan hanya dua, silaturahmi dan belajar.

"Mohon izin Pak, tujuan kami hanya dua, silaturahmi dan belajar. Mudah-mudahan bisa dibantu," kata Roby, sapaan akrabnya.

Khusus menjelang bulan puasa ini, Roby juga ingin melihat ketersediaan dan fluktuasi harga bahan pokok di pasar-pasar Pasuruan, termasuk harga cabai. 

Sedangkan untuk pengembangan industri, mereka juga menjadwalkan kunjungan ke PT Kappa Carrageenan Nusantara yang sangat sukses mengolah rumput laut menjadi berbagai produk olahan.

"Pantauan harga cabai di sejumlah pasar di Pasuruan Rp60.000 per kilogram. Sebelumnya sempat Rp80 ribu per kilogram. Jadi hampir sama dengan di Kaltim. Masyarakat tidak perlu panik," ujar Roby.

Rombongan Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim diterima Kabid Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan M Munir bersama para Kabid lainnya.

Sementara dari Kaltim hadir mendampingi Kabid Perdagangan Heni Purwaningsih dan para pejabat terkait di lingkungan Disperindagkop dan UKM Kaltim. 

Tampak Ketua Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Adi Buhari Muslim dan Anggota TGUP3 Abdussamad. 

Rencananya rombongan akan melihat langsung sentra pertanian cabai dan sayur di Kota Batu, Jawa Timur.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021