Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, terus menggenjot peningkatan SDM desa dan kelurahan melalui berbagai pelatihan khusus dalam rangka menyambut perpindahan ibu Kota Negara (IKN) baru.
 
 
"Dalam pembangunan berbagai infrastruktur awal fasilitas IKN baru seperti gedung, jalan, dan lainnya tentu banyak membutuhkan tukang dan tenaga kerja," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten PPU Saidin di Penajam, Selasa.
 
Mengingat akan dibutuhkannya banyak tukang dan ribuan tenaga kerja, maka pihaknya melalui Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandiri (P2KPM), tahun ini memprogramkan sejumlah pelatihan pertukangan dan pelatihan lain.
 
Pelatihan yang diutamakan antara lain tukang batu, tukang kayu, tukang pipa, tukang besi, tukang las, pelatihan servis AC, alat berat, dan sejumlah pelatihan lain berbasis potensi lokal.
 
Hal ini dikatakan Saidin saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Program P2KPM Kabupaten PPU yang digelar di aula DPMD setempat. 
 
Rakor ini menghadirkan para Tenaga Teknis Program P2KPM sebagai narasumber, sementara pesertanya adalah para Pendamping Program P2KPM tingkat kecamatan.
 
Saidin berharap setelah rakor tingkat kabupaten ini, selanjutnya pengetahuan yang diperoleh pendamping tingkat kecamatan tersebut diteruskan kepada Pendamping Program P2KPM di tingkat desa dan kelurahan.
 
Ia juga mengatakan bahwa pendampingan oleh Pendamping Program P2KPM tahun ini lebih berat ketimbang tahun sebelumnya, karena adanya tambahan tugas untuk tahun ini.
 
"Tahun lalu Pendamping Program P2KPM hanya mendampingi kegiatan yang anggarannya dari Bantuan Keuangan (Bankeu), tapi tahun ini mendampingi juga Alokasi Dana Desa (ADD), ditambah dengan berbagai tugas pendataan potensi desa hingga kelurahan," ujar Saidin.(ADV)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021