Tim sepak bola Kaltim kembali melaksanakan latihan dalam rangka persiapan menghadapi PON 2021 di Papua, setelah cukup lama istirahat karena pandemi COVID-19.
 

Ketua Asprov PSSI Kaltim, Yunus Nusi mengatakan pihaknya mulai menerapkan pemusatan latihan desentralisasi mandiri untuk tim sepak bola Kaltim, meskipun KONI setempat belum menjadwalkan pemusatan latihan untuk semua cabang olahraga yang akan diberangkatkan menuju pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Sekitar empat hari ini tim sepak bola sudah memulai latihan, kami rencanakan TC ini bisa berjalan hingga menjelang bulan puasa," kata Yunus Nusi di Samarinda, Jumat.

Yunus mengatakan, saat bulan puasa tim sepak bola PON Kaltim kembali diliburkan latihan, dan pemusatan latihan kembali digelar usai lebaran hingga pelaksanaan PON 2021.

"Kami juga menjadwalkan agenda tur ke Jawa menghadapi sejumlah tim dari Pulau Jawa dan Sulawesi, untuk mengasah mental tanding para pemain sebelum berlaga di ajang sesungguhnya," kata Yunus.

Ia mengatakan saat ini pemain yang menjalani pemusatan latihan berjumlah 25 orang didampingi dua orang pelatih.

"Peluang pergantian skuad pemain masih terbuka lebar, karena kita masih menerapkan promosi dan degradasi sebelum entry by name PON 2021 dibuka," kata Yunus.

Ia menilai sejumlah tim daerah lain seperti Jawa Timur, Jawa Barat dan Papua jauh lebih siap dari tim sepak bola PON Kaltim, karena sudah lebih dari setahun menjalani pemusatan latihan.

Bahkan, sejumlah tim seperti Jawa Timur dan Papua sudah menggelar pertandingan uji coba, untuk memantapkan kesiapan para pemainnya.

"Perlahan tim ini mulai kita persiapkan lebih serius, kami sudah mengawali pemusatan latihan, karena berharap tim sepak bola PON Kaltim ini mampu bersaing di ajang PON Papua," kata Yunus.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021