Samarinda (ANTARA Kaltim) - Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Kaltim mendapatkan “Akreditasi Kategori A” tentang penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dan III dan penyelenggaraan Diklat Prajabatan Golongan I, II dan III.

Sertifikat Akreditasi tersebut diserahkan Kepala LAN RI Prof Dr Agus Dwiyanto kepada Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Asisten IV Setprov Kaltim Bidang Administrasi Umum H Sofyan Helmi yang kemudian menyerahkannya kembali kepada Kepala Bandiklat Provinsi Kaltim Drs H Syafruddin Pernyata M Hum, di Gedung Serbaguna Bandiklat Kaltim Samarinda Seberang, Rabu (24/10).

"Dengan akreditasi kategori A ini kualitas pelayanan yang diberikan Bandiklat untuk meningkatkan SDM pegawai di Kaltim harus ditingkatkan, sehingga ke depan pelayanan yang diberikan pegawai di Kaltim terhadap masyarakat dapat lebih baik," kata Sofyan Helmi..

Dikatakanya, dengan prestasi tersebut, menunjukkan bahwa program dan kinerja serta pelayanan yang dilakukan Badan Diklat Kaltim telah berhasil, sehingga patut meraih prestasi tersebut.

Dengan mendapatkan akreditasi tersebut, amaka akan banyak pelatihan yang bisa dilaksanakan di Bandiklat Kaltim, baik untuk pejabat struktural maupun fungsional. Namun penyelenggaraannya harus ditingkatkan, terutama kualitas pelayanan dan pendidikan terhadap peserta diklat.

"Selain itu, widyaiswaranya juga patut ditingkatkan. Bahkan, sesuai harapan Bapak Gubernur Awang Faroek jika perlu kompetensi pendidikannya hingga S3," jelasnya.

Setelah adanya peningkatan tersebut, Pemprov Kaltim dalam hal ini Gubernur tetap melakukan evaluasi terhadap prestasi yang diraih Bandiklat Kaltim. Begitu pula dengan perogramnya harus ditingkatkan, sehingga ketika lima tahun ke depan mampu mempertahankan prestasi tersebut.

"Bapak Gubernur berharap prestasi ini dapat dipertahankan, jika perlu ditingkatkan. Caranya, bisa dengan meningkatkan lagi kualitas pembelajaran terhadap peserta diklat, sehingga lulusan yang diciptakan melalui Bandiklat Kaltim dapat diandalkan dalam membangun daerah ini," jelasnya.

Kepala Bandiklat Kaltim Syafruddin Pernyata berharap akreditasi yang diraih tersebut menjadi motivasi bagi jajaran Bandiklat untuk melaksanakan program ke depan.

"Dengan akreditasi ini, kualitas pelayanan dan pengetahuan peserta diklat akan lebih baik, sehingga SDM yang diciptakan juga berkualitas dan mampu melaksanakan kinerja dengan baik," jelasnya.

Sementara, Kepala LAN RI Prof Dr Agus Dwiyanto mengatakan akreditasi tersebut patut diterima Bandiklat Kaltim. Karena Bandiklat Kaltim mampu memberikan pelayanan dan pembelajaran yang baik terhadap peserta diklat. Bahkan, fasilitas dan sarana prasaran yang dimiliki Bandiklat Kaltim sangat baik dan lengkap.

"Ke depan lulusan Diklat dari Bandiklat Kaltim dapat berkualitas dan kompeten, sehingga dapat melaksanakan kinerja dengan baik," katanya. (Humas Pemprov Kaltim/jay/adv)

 

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012