Samarinda  (ANTARA Kaltim) - Dinas Pendidikan Kalimantan Timur siap mengikuti Olimpiade Sains Terapan (OST) tingkat nasional di Yogyakarta, dengan mengirimkan sejumlah peserta yang merupakan juara pertama di tingkat provinsi.

"Dalam kegiatan nasional yang digelar selama lima hari mulai 29 Oktober hingga 2 November 2012 di Yogyakarta itu, kami menurunkan lima cabang olimpiade," ujar Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Basmen Nainggolan di Samarinda, Selasa.

Lima cabang sains yang diikuti Kaltim untuk bersaing di tingkat nasional itu adalah cabang Matematika Teknologi. Sains di cabang ini diwakili oleh Rachmad, siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bontang.

Kemudian sains cabang Matematika Non Teknologi diwakili oleh Abdul Rahman Rahmadan dari SMKN 1 Tana Grogot, Kabupaten Paser.

Selanjutnya sains cabang Kimia Terapan diwakili Umi Salamah dari SMKN 1 Bontang, cabang sains Fisika Terapan atas nama Nataniel siswa SMKN 2 Samarinda, dan sains cabang Biologi Terapan atas nama Suhaimah dari SMK Muhammadiyah Long Ikis, Kabupaten Paser.

Dia berharap agar para siswa yang akan bertanding di tingkat nasional itu, dapat menyajikan pengetahuan terbaik mereka namun tidak dibebani dengan target juara, sehinga dalam bertanding dapat konsentrasi penuh.

Dia juga mengatakan meskipun tidak mendapat juara dalam kegiatan nasional nanti, namun para peserta dari Kaltim tidak boleh berkecil hati, tapi harus tetap mengembangkan ilmu dan pengetahuannya karena masih banyak kegiatan sejenis lainnya baik di tingkat lokal maupun nasional.

Selain itu, ilmu yang dimilikinya itu akan dapat dijadikan bekal untuk menyambut kehidupan bermasyarakat, baik akan bermanfaat untuk masuk di perguruan tinggi maupun berfungsi langsung untuk terjun ke pasar kerja.

"Berbagai jenis sains teknologi maupun sains terapan yang dimiliki para siswa tersebut merupakan modal besar, jadi walaupun kalah dalam OST, hal itu bukan menjadi masalah besar karena ilmu yang dimiliki itu sangat berguna untuk bekal hidup mereka," ujar Basmen. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012