Nunukan  (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, merehabilitasi 270 unit rumah milik warga setempat dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2012.

Kepala Sub Bidang Tata Permukiman Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Nunukan Andi Nilawati di Nunukan, Senin, mengatakan bantuan dana untuk rehabilitasi ini disebarkan pada sembilan kecamatan dari 15 kecamatan keseluruhan di wilayah itu.

Kesembilan kecamatan tersebut yaitu Nunukan, Nunukan Selatan, Sebatik, Sebatik, Lumbis, Sembakung, Sebuku, Krayan dan Krayan Selatan masing-masing akan mendapatkan 30 unit.

Ia menambahkan anggaran yang diberikan kepada setiap kepala keluarga (KK) sebesar Rp5 juta dalam bentuk material sesuai kebutuhannya.

Warga yang mendapatkan bantuan dana rehabilitasi melalui APBD II Kabupaten Nunukan ini merupakan atas usulan pihak kecamatan masing-masing dan BPM-PD hanya merekapitulasi semata, jelas Andi Nilawati.

"Upaya BPM-PD untuk memberikan bantuan dana rehab kepada warga Nunukan, baru bisa kami realisasikan pada sembilan kecamatan. Masing-masing kecamatan mendapatkan 30 unit," kata Nilawati.

Menurut dia, total anggaran yang digunakan Pemkab Nunukan pada kegiatan rehab ini adalah Rp 1,35 miliar melalui APBD Kabupaten Nunukan 2012.

Pelaksanaan kegiatan rehab rumah warga ini, Nilawati mengatakan sedang berlangsung dan sudah ada empat kecamatan yang dinyatakan terealisasi 100 persen yaitu Kecamatan Nunukan, Nunukan Selatan, Sebatik dan Sebatik Barat.

Pada lima kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Sebuku, Sembakung, Lumbis, Krayan dan Krayan Selatan baru dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah.

Sistem pengerjaannya, tambah Kasubid Tata Pemukiman ini, dibagi dalam lima paket masing-masing paket pertama untuk 60 unit di Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan, paket kedua di Kecamatan Sebatik dan Sebatik Barat.

Selanjutnya, paket ketiga di Kecamatan Sebuku, Lumbis dan Sembakung dan paket keempat di Kecamatan Krayan dan paket kelima di Kecamatan Krayan Selatan. "Setiap paket, rekanan yang mengerjakan berbeda," katanya.

Ia mengharapkan pada APBD 2013 seluruh kecamatan atau 15 kecamatan di Kabupaten Nunukan ini sudah mendapatkan bantuan yang sama.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012