Istri, menantu, dan dua cucu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pun tak luput dari paparan wabah COVID-19.


Ny Arita Rizal Effendi dan cucu mereka masing-masing berusia 5 dan 6 tahun saat ini menjalani perawatan di RS Pertamina Balikpapan.

“Tidak tahu juga dari mana terpaparnya,” kata Wali Kota Rizal di Balai Kota, Senin.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty, dari tracing yang dilakukan, Ny Arita kemungkinan besar terpapar dari cucunya.

Arita, seperti umumnya keluarga Indonesia, turut menjaga dan bermain bersama cucu-cucunya. Cucunya sendiri diduga terpapar dari ibu mereka atau menantu Rizal-Arita.

Wali Kota Rizal sendiri sehat walafiat. Segera setelah istri dan cucunya positif COVID-19, Wali Kota di-rapid test antigen, hingga swab, semua negatif.

“Sejak awal COVID-19 mulai masuk Balikpapan dulu, Wali Kota kita tes rapid setiap 2 hari sekali. Bila mana perlu juga swab. Hasilnya selalu negatif,” kata dr Juliarty.

Termasuk saat akan bertemu Presiden Joko Widodo baru-baru ini, Rizal harus menjalani dua kali tes swab. Hasilnya tetap negatif.

Wali Kota Rizal memang dikenal sangat disiplin dengan protokol kesehatan. Dalam sejumlah kegiatan lazim bagi jurnalis melihat Rizal kerap kali mencuci tangan, terutama dengan hand sanitizer. Pada kesempatan lain, Rizal mengenakan sarung tangan karet.

 Ia juga baru mencopot maskernya sesaat sebelum berbicara di depan mikropon.

Selain itu, seperti juga disaksikan jurnalis sehari-hari, Rizal Effendi adalah pribadi humoris. Wali Kota ini suka bercanda dan berolok-olok. Di depan jurnalis yang meliput di Balai Kota, hampir dalam setiap kesempatan pemaparan harian penanganan COVID-19, Wali Kota memulainya dengan bercerita kisah lucu ala standup comedy yang membuat dia sendiri dan hadirin tertawa.

“Artinya Pak Wali Kota mengelola stress dengan sangat baik. Kemudian tertawa itu merangsang tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang meredakan stress dan menguatkan imun tubuh,” jelas dr Juliarty.

"Beliau juga tidak lupa selalu mendoakan kesehatan hadirin dan warga kota, yang kita semua aminkan. Kita percaya doa yang baik akan selalu kembali kepada yang mendoakan," ujarnya.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021