Samarinda (ANTARA Kaltim) - Fauzi Eknaldiwan dari Kabupaten Berau dan Elsa Rahmatyah dari Kota Balikpapan berhasil menyabet gelar Duta Wisata Kaltim 2012, setelah mengalahkan pasangan finalis lainnya yang digelar di Samarinda, Selasa malam (2/10).

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kaltim, HM Aswin mengatakan Pemilihan Duta Wisata bukan sekadar menunjukkan kelebihan fisik semata, namun sebagai duta wisata yang dapat mewakili cerminan wajah pariwisata Provinsi Kaltim yang kaya akan keanekaragaman seni budaya, serta nilai-nilai luhur masyarakat Kaltim yang meliputi budaya pesisir, keraton dan pedalaman.

Pemilihan duta wisata ini, ujarnya sekaligus memberi makna penting bagi remaja dalam upaya menggalakkan, menggairahkan dan memajukan kreativitas generasi muda dalam bidang kepariwisataan.

"Semoga dengan Pemilihan Duta Wisata, maka dunia kepariwisataan Kaltim bertambah bergairah, dan pemasaran pariwisata daerah mendapat manfaat secara ekonomi dan dukungan luas dari masyarakat," ujarnya.

Dikatakan Aswin, Kaltim telah menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan daerah dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi Provinsi Kaltim telah ditunjuk sebagai Daerah Tujuan Wisata di Indonesia bersama 14 provinsi lainnya di Indonesia.

"Para duta wisata terbaik yang terpilih akan menjadi asset daerah dalam rangka menyampaikan informasi dan publikasi di sektor kepariwisataan Kalimantan Timur, baik secara nasional maupun mancanegara," harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia H Anwar menjelaskan panitia akan memilih delapan kategori pemenang yaitu Duta Wisata Kaltim, Wakil Duta Wisata I dan II, Duta Wisata Persahabatan, Duta Wisata Intelegensia, Duta Wisata Favorit, Duta Wisata Berpenampilan Terbaik dan Duta Wisata Best Presentasi.

Duta Wisata Persahabatan diraih Taufiq Gusfadli dari Bontang, Duta Wisata Intelegensia diraih Tiara Audia dari Tarakan, Duta Wisata Favorit diraih Felicia Calista Ventura dari Samarinda, Duta Wisata Berpenampilan Terbaik diraih Mariana Diana dari Kutai Barat dan Duta Wisata Best Presentation diraih Pingkan O Podung dari Kutai Timur. (Humas Pemprov Kaltim/yul)


Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012