Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor mengatakan bahwa produk Usaha Kecil Menengah (UKM) khususnya pengolahan kayu moulding masih melakukan kegiatan ekspor di masa pandemi COVID-19.


Yadi Robyan Noor mengatakan bahwa permintaan kayu moulding dari sejumlah negara Asia cukup banyak dan bisa menjadi peluang untuk merekrut tenaga kerja baru.

“Kita bersyukur, karena meski pandemi, UKM kita masih bisa ekspor. Lebih bersyukur lagi, karena di era new normal tahun 2021 ini, permintaan baru sudah menunggu lagi,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor saat melakukan peninjauan ke lokasi pengolahan kayu moulding CV Wana Karya, Kamis.

CV Wana Karya  berlokasi di Jalan Rapak Indah 3, Karang Asam Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda. UKM ini bergerak di bidang usaha pengolahan kayu moulding (wood working). 

Roby mengatakan pemerintah pasti akan membantu mengatasi permasalahan yang mungkin masih dihadapi para pelaku UKM. 

Mulai soal akses jalan, keringanan bunga bank, keringanan ongkos angkut, pelabuhan, dan lain sebagainya. 

“Pemerintah akan memberikan berbagai fasilitas agar UKM kita lebih bersemangat lagi untuk ekspor,” tegasnya. 

Roby menegaskan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi memiliki perhatian yang sangat besar dalam upaya pengembangan UKM di Kaltim.

Sementara Direktur CV Wana Karya Azharin menjelaskan tahun ini mereka sudah mendapatkan order sebanyak 7 kontainer dengan kota tujuan Tokyo, Jepang. 

Total nilai ekspornya mencapai Rp2,9 miliar dengan jumlah moulding sebanyak 114 m3.

“Ini baru satu kota tujuan Pak. Mungkin Osaka sebentar lagi,” ungkap Azharin. Hingga saat ini, negara tujuan ekspor mereka meliputi Jepang, China dan Australia.

 

Tahun lalu, mereka juga berhasil melakukan ekspor kayu moulding ke Osaka dan Tokyo sebanyak 122,4 m3 dengan nilai US$ 235.129 atau setara Rp3,4 miliar.

 

UKM ini mengolah kayu dari sisa-sisa pembukaan lahan (land clearing) di areal perusahaan tambang, perkebunan dan lainnya. Hingga saat ini UKM ini setidaknya mempekerjakan sekitar 17 tenaga kerja. 

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021