Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur mendirikan pos terpadu di sejumlah lokasi strategis dalam upaya mendukung kelancaran transportasi pada peringatan Natal dan Tahun Baru.
 

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Arih Franata Filifus Sembiring mengatakan di Samarinda, Senin, pendirian pos terpadu untuk mengantisipasi pergerakan lalu lintas dan angkutan jalan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, baik dari arus transportasi darat, laut maupun udara di wilayah Kaltim.

Pendirian pos terpadu ditekankan pada titik strategis atau simpul transportasi seperti di Bandara SAMS Sepinggan, Bandara APT Pranoto Samarinda dan Bandara Kalimarau Berau.

"Termasuk di Terminal Type A Batu Ampar Balikpapan, Pelabuhan Penyeberangan Kariangau dan Pelabuhan Laut Semayang Balikpapan, juga pos pantau lainnya di kabupaten/kota se Kaltim," kata Sembiring di Samarinda, Senin.

Selain itu, Dishub Kaltim menyiapkan armada yang berkeselamatan, baik armada darat, laut, udara maupun penyeberangan, khusus darat dan penyeberangan dilakukan ramp check.

"Ketersediaan armada terkait kapasitas angkut perhari jalur darat, laut, udara dan penyeberangan, guna menyukseskan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 lebih dari cukup," tegas Sembiring.

Dishub juga menyiapkan fasilitas keselamatan jalan, dengan memasang rambu jalan, marka jalan, pagar pengaman jalan dan perawatan traffic light.

"Semua dilakukan agar para pemudik Nataru berjalan aman dan lancar, selamat di jalan sampai tujuan," tandasnya.

Terkait arus mudik, Sembiring mengimbau pemudik harus mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

"Kita akan melakukan pembatasan muatan armada dan menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu masyarakat telah membantu pemerintah dalam meminimalisir dan memutus rantai penularan COVID-19 di Kaltim," pesan Sembiring.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020