Tanjung Redeb 14/9 (ANTARA) - Komandan Kodim 0902 TRD Berau Letkol Arm Rabimin mengingatkan meski Kabupaten Berau relatif aman namun harus tetap mewaspadai terorisme di Kota Batiwakal itu.

"Walaupun Berau masih aman kita meski antisipasi masuknya mereka, mengingat wilayah Berau ini luas dan masih banyak daerah terpencil," ujar Dandim Berau, Jumat di Tanjung Redeb.

Menurutnya tidak menutup kemungkinan geografi Berau tersebut dimanfaatkan teroris.

Dalam tugas pokok TNI dijelaskan Dandim, selain perang membela tanah air, perang terhadap pelaku teroris juga masuk dalam program kerja TNI.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi Kodim 0902 melalui unit intelejennya menyebar mengumpulkan informasi dilapangan mengendus keberadaan teroris.

"Kita punya satuan bawah di tiap Koramil yang berfungsi menyerap setiap informasi yang mencurigakan ditiap daerah kerja masing-masing karena memang sangat penting memantau daerah terpencil dengan tingkat pengetahuan masyarakat yang minim tentang teroris," papar Dandim.

Dalam tiap kunjungan ke pelosok-pelosok Berau, mantan Danyon Armed 105, Labanan ini mengakui jika pemahaman masyarakat Berau cukup baik mengenai jiwa Nasionalis.

Terlebih dengan dukungan pemerintah daerah dalam melakukan sosialisasi yang dinilai sangat penting membantu pemahaman masyarakat.

Selaku instansi Vertikal, TNI khususnya Kodim 0902 berkomitmen menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas Berau secara umum, di samping selalu mendukung kinerja Polres Berau.

"Intinya adalah komunikasi yang baik lintas instansi, dengan pemerintah daerah, Polri, tokoh masyarakat dan warga, terus waspada, tingkatkan pengetahuan masyarakat tentang teroris Insya Allah kita bisa menjaga kondusifitas Berau secara maksimal," tandas Rabimin.  (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012