Operator Wilayah Kerja Mahakam PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) menggelar pelatihan bagi sejumlah kontraktor penyedia barang dan jasa yang menjadi mitranya.


Kepada 20 kontraktor yang berdomisili di Kecamatan Anggana, Samboja, Muara Jawa, dan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, disampaikan prosedur memperoleh Sertifikat Pengganti Dokumen Administrasi SKK Migas (SPDA) dan Sertifikat Penyedia Barang dan Jasa Mampu PHM (SKTPM), dan proses pengadaan terbaru di PHM.

"PHM terus berusaha menyederhanakan sistim untuk mempermudah partisipasi kontraktor lokal, namun tetap harus mengikuti kaidah dan aturan pada Pedoman Tata Kerja (PTK) 007 Revisi-04/2017 SKK Migas,” ungkap  Kepala Panitia Pengadaan PHM Reza Abbas, Jumat.

Hal itu dilakukan, kata dia, agar teman-teman kontraktor ini bisa memenuhi standar dan bisa mengikuti prosedur yang diterapkan.

Menurut Abbas, sebelumnya PHM sudah memberikan kemudahan untuk menjadi peserta dalam lelang pengadaan barang dan jasa di PHM. Di sisi lain para kontraktor harus bisa memenuhi syarat-syarat yang ditentukan seperti tercantum dalam Pedoman Tata Kerja (PTK) 007 Revisi-04/2017 SKK Migas.

Menurut Kepala Departemen Tanggung Jawab Sosial Perusahaan PHM Elis Fauziyah, kontraktor yang semakin baik kapasitasnya akan mampu turut mendorong perekonomian di daerah dan kemudian berbagi kesejahteraan.

Dalam pelatihan itu juga para kontraktor dikenalkan pada sistem pemutakhiran basis data rekanan melalui sistim Centralized Integrated Vendor Database (CIVD) milik SKK Migas dan melalui situs panitia tender PHM.

Kemudian mereka diinformasikan tentang proses pengadaan yang dimulai dari pengenalan sistim baru pendaftaran, lalu tahap prakualifikasi, sampai pengumuman pemenang.

“Pelatihan ini fokus pada pengembangan kemampuan kontraktor lokal dalam mengikuti proses tender serta syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi,” kata Abbas.

Pelatihan ini rutin diadakan sejak tahun 2018 dengan total jumlah peserta mencapai 52 kontraktor lokal skala kecil di 5 kecamatan yang berada di ring satu wilayah operasi PHM.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020