Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memanfaatkan aplikasi DG (dalam genggaman) Bankkaltimtara untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (PKB dan BBNKB).


Kepala Bapenda Kaltim Ismiati di Samarinda Rabu mengatakan melalui layanan perbankan ini para nasabah bisa memperoleh informasi dan melakukan komunikasi sekaligus transaksi melalui media mobile banking dan internet banking.

"Aplikasi DG ini merupakan aplikasi milik Bankaltimtara, kami memanfaatkannya dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), khususnya melalui penerimaan pembayaran PKB dan BBNKB," kata Ismiati.

Menurut Ismiati saat ini layananan aplikasi DG tersebut sudah bisa dilakukan di sejumlah daerah di Kaltim, diantaranya Samarinda dan Balikpapan.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan Samsat Babinkamtibmas Kutai Kartanegara untuk menjemput bola pembayaran pajak PKB dan BBNKB, yaitu menggunakan aplikasi DG Bankaltimtara," kata Ismiati.

Menurut Ismiati, Samsat Babinkamtibmas Kukar segera dilaunching dalam waktu dekat. Untuk itu, menyukseskan pembayaran pajak, maka Babinkamtibmas yang akan turun ke masyarakat.

Ismiati meyakini berbagai upaya dilakukan jajaran Bapenda bersama berbagai pihak mampu meningkatkan PAD Kaltim dari sektor non sumber daya alam.

"Kita yakin bisa. Apalagi jika wabah virus corona telah berakhir tahun depan, Insyaallah kondisi akan kembali normal dan PAD dari pembayaran PKB dan BBNKB terus meningkat," ungkapnya.

Ia mengatakan keuntungan menggunakan aplikasi ini diantaranya nasabah mudah untuk bertransaksi finansial.

"Aplikasi ini juga bisa diakses melalui smartphone dan komputer melalui jaringan internet di mana pun dan kapan saja," kata Ismiati.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020