Tanjung Redeb  (ANTARA News Kaltim) - Camat Pulau Derawan, Zulfikar mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan sumber daya manusia guna menunjang program promosi wisata Pulau Derawan, terutama menjelang pelaksanaan Sail Derawan 2013.

"Sebagai objek wisata, Derawan tidak bisa sekadar menyajikan pemandangan alam saja, tetapi harus ditunjang dengan kemampuan SDM yang diharapkan akan menjadi pemandu wisata dan memperkenalkan objek-objek wisata yang menarik," kata Zulfikar di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Kamis.

Saat ini, katanya, Kecamatan Derawan melatih 50 orang warga lokal untuk menjadi motoris, pemandu wisata serta penunjang pariwisata lainnya.

"Kami melatih motoris bagaimana memberikan pelayanan transportasi yang aman dan nyaman," katanya lagi.

Sedangkan pemandu wisata diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi, terutama bahasa asing dan menguasai lokasi-lokasi wisata yang menarik.

Zulfikar mengakui, Kecamatan Derawan sudah siap dengan program wisata Sail Derawan 2013 yang baru saja diluncurkan "soft opening"-nya.

Sementara itu, sebanyak 22 peserta Sail Morotai Maluku Utara yang berasal dari berbagai negara, telah tiba di perairan laut Pulau Derawan.

Para peserta Sail Morotai yang berangkat dari Tawau, beberapa hari lalu, merupakan bagian dari 132 kapal dari 22 negara yang akan bergabung di Morotai, Maluku Utara selaku penyelenggara Sail tahun ini.

Dari Darwin, juga sudah mulai bergerak begitu pun dari wilayah barat yang akan menyinggahi beberapa pulau wisata sebelum bergabung di Morotai.  (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012