Pesanan seragam sekolah untuk dibagikan gratis kepada peserta didik baru Tahun Ajaran 2020-2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah tiba sekitar 70 persen, kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Alimuddin.

"Pengadaan seragam untuk dibagikan gratis kepada peserta didik baru hingga saat ini sudah sekitar 70 persen," jelas Alimuddin ketika ditemui di Penajam, Selasa.

Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan pembagian seragam secara cuma-cuma kepada peserta didik baru tersebut dilakukan pada pertengahan bulan ini atau November 2020.

Alimuddin yakin sebagian paket bantuan sekolah gratis berupa seragam, tas dan sepatu yang dipesan dari Pulau Jawa, pada awal pekan ini sudah dikirim.

"Informasinya sebagian pesanan barang kami dalam proses pengepakan dan selanjutnya dikirim, kalau yang sudah tiba, laporannya sekitar 70 persen," ucapnya.

"Setelah barang pesanan sampai, kami akan periksa terlebih dahulu sebelum dibagikan ke setiap sekolah dan targetnya pertengahan November 2020 dibagikan," ujar Alimuddin.

Bantuan berupa seragam, tas dan sepatu sekolah gratis bagi peserta didik baru yang dimulai sejak Tahun Ajaran 2019-2020 tersebut, menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengalokasikan lebih kurang Rp14,9 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD 2020 untuk pengadaan paket bantuan sekolah tersebut.

Anggaran pengadaan paket sekolah gratis tersebut lebih besar dibanding pada 2019 yang hanya sekitar Rp9 miliar menurut Alimuddin, karena penerima bantuan bertambah meliputi peserta didik baru di sekolah negeri dan swasta.

Peserta baru jenjang pendidikan usia dini, taman kanak-kanak sampai sekolah menengah atas sederajat menerima paket bantuan sekolah secara cuma-cuma pada Tahun Ajaran 2020-2021.

Sedangkan pada Tahun Ajaran 2019-2020 yang menerima peket sekolah gratis hanya peserta didik baru di sekolah jenjang pendidikan anak usia dini, taman kanak-kanak sampai sekolah menengah pertama sederajat.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020