Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari berharap masyarakat setidaknya mengetahui program pemerintah sebagai salah satu upaya untuk memeratakan pembangunan, sehingga antara pemerintah dan masyarakat bisa saling mendukung.

"Adapun fungsi kerja sama masyarakat tersebut yaitu dengan melakukan pengawasan terhadap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Kalau masyarakat mengawasi, berarti mereka peduli dan telah berkontribusi pada pembangunan," ujar Bupati Kukar Rita Widyasari di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Menurut dia, dengan partisipasi masyaraka tersebut, diharapakna kegiatan pembangunan dapat berjalan sebagai mana mestinya dan merata.

Sedangkan misi pembangunan yang diusung oleh Pemkab Kukar saat ini yang tertuang dalam Gerakan Pembanguanan Masyarakat Sejahtera (Gerbang Raja) di dalamnya terdapat tujuh pilar utama strategi pembangunan, yaitu pelaksanaan pemerintahan yang baik, peningkatan kualitas sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, pengembangan agribisnis dan pariwisata, pemerataan infrastruktur, pembangunan berwawasan lingkungan, serta peningkatan peranan wanita.

Rita mengatakan misi tersebut tentunya jika terlaksana dengan baik, pembangunan di Kukar akan lebih merata.

"Tujuh misi itu bertujuan untuk menciptakan masyarakat sejahtera dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat Kukar khususnya," paparnya.

Untuk itu dia berharap masyarakat terus mendukung program pembangunan, dengan mengetahui dan mengawasi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah, demi suksesnya program Gerbang Raja. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012