Pembangunan Paser Induk Senaken Tanah Grogot di lokasi yang terbakar beberapa waktu lalu, ditargetkan selesai akhir tahun. 


"Pembangunan ditargetkan selesai tahun ini dan pihak kontraktor  telah menyanggupi," kata Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Paser Ina Rosana di sela-sela  kunjungan ke lokasi pembangunan Pasar Senaken, Selasa(27/10). 

Ia menjelaskan pekerjaan rehab Pasar Senaken dilaksanakan sejak Juni 2020 dengan  anggaran sebesar Rp15 miliar dan saat ini progresnya  telah mencapai 70 persen.

Ina mengungkapkan bahwa sebelumnya Pemkab Paser  telah mengalokasikan  anggaran sebesar Rp20 miliar untuk pembangunan rahab Pasar Senaken, namun terdapat pengurangan anggaran untuk penanganan COVID-19.

Adapun pekerjaan pembangunan saat ini adalah sedang dilakukan pembangunan blok-blok yang sebelumnya digunakan pedagang kelontong dan blok pedagang sayur.

Menurutnya Pemkab Paser akan terus  melakukan pemantauan pembangunan Pasar induk Senaken. Diharapkan pembangunan dapat selesai sesuai  jadwal yang ditargetkan.

Lanjut Ina Pemkab Paser juga minta kepada kontraktor agar segera menyelesaikan pekerjaan pada Desember  dan PT Raka selaku kontraktor  menyatakan kesanggupannya. menyanggupi dan saya diminta 1 Desember mengunjungi proyek ini lagi," ucap dia.

"Kalau bisa kerja siang malam untuk mengejar waktu  yang tersisa, kalau perlu ditambah tenaganya, sebab pada 1 Desember saya akan kembali  melakukan pemantauan melihat langsung progres yang sudah dicapai,"tegasnya.

Ina Rosana menambahkan meski pembangunan pasar selesai akhir tahun, namun bangunannya belum bisa segera digunakan pada Januari 2021. 

"Kalau peresmian mungkin bisa saja pada kegiatan peringatan HUT Kabupaten Paser, tetapi tidak bisa langsung digunakan karena masih perlu  dilakukan pembahasan," katanya.

Lanjut Ina, setelah bangunan  selesai dikerjakan, paling tidak diperlukan waktu enam bulan masa pemeliharaan bangunan. Setelah enam bulan diperkirakan sekitar bulan Juni 2021 Pasar Induk Senaken  sudah bisa digunakan," tutup Ina.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020