Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Samarinda menggelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 yang jatuh pada 14 Agustus 2020, di Lapangan Parkir Balaikota Samarinda, minggu (25/10/2020).
 

Perayaan tersebut tidak menyurutkan antusias anggota pramuka yang hadir dari tingkat Siaga, Penggalang, Madya, hingga Penegak sekalipun digelar pada saat akhir pekan dan situasi pandemi COVID-19.

"Pramuka merupakan agen perubahan yang tak lekang waktu. Pramuka merupakan organisasi merupakan tonggak perubahan pada masyarakat," kata Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin saat memimpin upacara.

Ia mengatakan Pramuka merupakan organisasi lama bahkan hingga tingkat paling dasar, seperti RT di masyarakat, kami selalu memantau kegiatan  mereka, serta diskusi terbuka. Kian harinya kinerja mereka mandiri dan membawa arah baik pada masyarakat.

lanjut dia gerakan Pramuka yang merupakan bagian dari Pendidikan berkarakter, mampu menjadi pelopor, menumbuhkan Kepribadian yang beriman bertakwa, dan berahlak mulia, serta berjiwa Patriotik, taat Hukum, serta dapat menjunjung tinggi nilai nilai luhur Bangsa dalam menjaga  serta membangun  NKRI  yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Adapun tema di Ulang Tahun yang ke 59, gerakan pramuka, yaitu Peran Gerakan pramuka ikut membantu dalam penaggulangan bencana covid-19 dan Bela Negara.

Pada kesempatan itu Sugeng Chairuddin juga mendapatkan tanda penghargaan gerakan pramuka berupa lencana pancawarsa sebagai pernyataan penghargaan gerakan pramuka atas kesetiaan, kepatuhan, kerajinan ketekunan, kesungguhan, dan ketertiban sebagai anggota dewasa gerakan Pramuka.

Sementara Ketua Panitia sekaligus ketua kwartir gerakan pramuka Cabang Kota Samarinda, Arpan Zainal mengatakan, bahwa kondisi COVID-19 membuat beberapa program dan kegiatan baik daerah maupun nasional di tunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Diantaranya mengikuti Jambore daerah di Kabupaten Paser, Mengikuti Raimuna Daerah di Kabupaten Mahakam Hulu, mengikuti Peran Saka Nasional di Bangka Belitung serta mengkuti Perkemahan Nasional di Provinsi Jambi.

Pada Awal perkambangan COVID-19, kwartir cabang melalui Saka Bakti Husada cabang Samarinda, melaksanakan bakti social dengan mebagikan APD berupa Fase shield ke beberapa fasilitas kesehatan di Samarinda.

Menghadapi COVID-19, kwartir cabang Pramuka juga membantu dalam penanganan korban banjir dalam bentuk penanganan Logistik dan obat – obatan. Sementara untuk kegiatan lainya kwartir cabang pramuka, di lakukan dan disesuaikan dengan kondisi perkembangan COVID-19.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020