Jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat bertambah tiga orang, sehingga totalnya menjadi 82 orang.


"Hingga saat ini total warga PPU yang terkonfirmasi positif virus corona ada 100 orang. Dari jumlah ini, 82 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan dan isolasi mandiri maupun isolasi di rumah sakit," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam , Arnold Wayong di Penajam, Jumat.

Sedangkan sisanya yang 18 orang positif, 13 orang di antaranya masih menjalani perawatan di rumah sakit dan melakukan isolasi mandiri di tempat-tempat yang telah ditetapkan sebagai lokasi isolasi mandiri, kemudian terdapat 5 pasien yang telah meninggal dengan swab positif.

Ia juga mengatakan Jumat ini ada penambahan dua kasus suspek COVID-19, sehingga jumlah keseluruhannya 1.057 orang. Rinciannya adalah yang melakukan isolasi mandiri ada 79 orang, meninggal dengan komorbid 8 orang, kemudian yang menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 978 orang.

Menurutnya, jumlah kasus probable COVID-19 sejak 22 Maret hingga Jumat ini sebanyak 188 kasus, sedangkan untuk kasus discarded tercatat ada 752 kasus.

Arnold yang juga Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten PPU ini melanjutkan, tiga pasien yang dinyatakan sembuh itu, satu di antaranya merupakan klaster keluarga yang sebenarnya menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) Penajam.

Pasien yang menjalani isolasi di rumah sakit itu ia beri kode PPU 68 berjenis kelamin perempuan usia 28 tahun. Pasien ini tinggal di Kelurahan Penajam Kecamatan Penajam. Pasien ini terkonfirmasi memiliki kontak erat dengan kerabatnya yang juga terkonfirmasi positif, yakni PPU 44.

Pasien lain yang juga dinyatakan sembuh dari COVID-19 pada Jumat ini adalah PPU 52 perempuan umur 25 tahun tinggal di Desa Api-api Kecamatan Waru. Pasien ini menjalani isolasi mandiri dan berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG).

Sedangkan pasien ketiga yang juga dinyatakan sembuh adalah seorang perempuan usia 69 tahun dengan kode PPU 76. Pasien ini tinggal di Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu yang dirawat di RSUD RAPB Penajam.

Konfirmasi kesembuhan tiga pasien itu karena sebelumnya pihaknya melakukan swab terhadap ketiganya. Masing-masing pasien dilakukan uji sampel swab lebih dari dua kali, sehingga kemudian pihaknya menyatakan mereka negatif dari COVID-19.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020