Para penumpang yang berpergian dengan pesawat udara disambut meriah di Bandara Sepinggan, Kamis (17/9). Di kedua sisi jalur menuju meja pendaftaran penumpang (check in), sederetan lelaki dan perempuan dengan berbagai kostum yang berwarna-warni berdiri, mengantar keberangkatan mereka dengan senyum dan lambaian tangan.


"Hari ini Hari Perhubungan Nasional, dan kampanye Terbang Aman dan Sehat di masa new normal," kata General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Sepinggan Barata Singgih Riwahono, menjelaskan penyambutan meriah tersebut.

Mereka yang berkostum warna-warni di kiri dan kanan jalur menuju meja check in adalah staf Angkasa Pura I, kru maskapai penerbangan, para petugas darat, Otoritas Bandara, para tenaga kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Balikpapan, dan staf navigasi dari AirNav.

Menurut Riwahono, di masa wabah COVID-19 ini, transportasi udara atau berpergian dengan pesawat terbang tetaplah moda transportasi yang paling aman, sama seperti di masa normal sebelum wabah.

Keamanan, dari wabah khususnya, dijamin karena setiap penumpang harus membuktikan dia sehat sebelum bisa masuk pesawat. Calon penumpang yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat lebih tidak akan diizinkan terbang. Secara detil calon penumpang juga diperiksa keabsahan surat keterangan sehat yang dibawanya, selain juga kewajiban mengenakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain.

Setelah penumpang berada di dalam pesawat, jaminan keamanan juga diberikan oleh teknologi. Riwahono menjelaskan, bahwa sirkulasi udara di dalam pesawat harus melewati HEPA atau High Efficiency Particulate Air alias saringan udara.

Pada kesempatan yang sama juga dibagikan masker, cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer), dan masker wajah, kepada para penumpang. 

Hari Perhubungan dirayakan meriah di Bandara Sepinggan, Balikpapan. (istimewa)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020