Sangatta (ANTARA News Kaltim) - Camat Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur, H Jaini SH mengatakan, pelaksanaan perekaman data KTP Elektronik hingga sekarang ini sudah mencapai 50 persen.

Menurut Camat Jaini, Kamis, berdasarkan data dua hari lalu, petugas sudah merekam 50 persen data penduduk atau sebanyak 4.964 jiwa dari jumlah penduduk wajib e-KTP sebanyak 8.964 jiwa.

"Kecamatan Muara Bengkal dengan 7 desa berpenduduk 8.964 jiwa wajib e-KTP dan yang sudah direkam berjumlah 4.964 jiwa," katanya.

Ia mengatakan, pelayanan e-KTP di Muara Bengkal sangat lancar, bahkan pihaknya membuka pelayanan hingga tengah malam pukul 24.00 Wita.

Setiap hari pelayanan kami dimulai pukul 08.00 wita kemudian istrahat pukul 12.00 wita hingga pukul 13.00 wita. Kemudian dilanjutkan pukul 13.00 wita hingga pukul pukul 17.00 wita. Pukul 17.00 wita istrahat kemudian dimulai lagi pukul 20.00 wita hingga pukul 24.00 wita.

Dalam melayani perekaman data warga Kecamatan Muara Bengkal sangatlah istimewa, sebab pihaknya menyiapkan mobil truk untuk menjemput warga yang jauh dari ibu kota kecamatan seperti Desa Senambah dan Desa Malupan

"Kami siapkan mobil truk untuk antar jemput warga, kami juga siapkan makanan dan minuman selama menunggu. Kami harus bertanggung jawab dalam rangka menyukseskan program e-KTP sampai selesai oktober 2012 mendatang," kata Jaini.

Kendala yang dihadapi adalah kerusakan satu unit alat rekan, namun sudah selesai dilayani di Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan Kutai Timur Sangatta, dan Jumat (3/8) sudah mulai operasi.

Kendala lain adalah banyak warga wajib e-KTP yang belum mengisi formulir di pencatatan sipil, sehingga harus didata ulang, tetapi hal ini juga sudah ditangani sehingga dipastikan selesai tepat waktu. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012