Tim gabungan Satgas Percepatan Penanganan  COVID -19 Kabupaten Paser terus melakukan patroli dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus Corona  atau COVID-19  dan gencar melakukan edukasi penerapan protokol kesehatan di sejumlah tempat kerumunan massa.


“Kami terus melakukan patroli dan edukasi kepada masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan,” kata koordinator tim gabungan patroli, Sarman, yang juga Kepala Bagian Operasional Polres Paser, di Tanah Grogot, Selasa (11/8) 

Ia mengatakan patroli dilaksanakan satu kali dalam seminggu yakni pada Sabtu malam, di tempat kerumunan massa seperti kafe, angkringan dan rumah makan. 

Setiap kali patroli tim gabungan  menerjunkan 100 personil terdiri dari Polres Paser, Satpol PP, Kodim 0904 Tanah Grogot, Brimob, Dinas Perhubungan dan BPBD.

“Patroli ini sudah sejak 4 bulan yang lalu dan kami mulai dari pukul 21.00,” ungkap Sarman.

Di setiap tempat kerumunan massa, kata Sarman, petugas mengimbau masyarakat dan pemilik kafe maupun angkringan agar menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter dengan tidak membuat kerumunan.

Sebelumnya lanjut dia, Satgas COVID-19 Kabupaten Paser telah membuat perjanjian dengan pemilik kafe dan angkringan serta tempat hiburan malam, untuk mematuhi imbauan protokol kesehatan itu. 

“Kami sudah sepakat membuat perjanjian, tempat hiburan dan angkringan di saat COVID-19 ini, harus menyediakan tempat cuci tangan, satu meja maksimal diisi oleh 2 orang, dan mewajibkan pengunjung menggunakan  masker,” jelas Sarman.

Menurutnya apabila tidak mengindahkan perintah dari tim keamanaan akan dikordinasikan untuk dicabut izin jualnya. Dalam kegiatan patroli Satgas COVID-19 Kabupaten Paser lebih menekankan edukasi kepada masyarakat agar tidak melanggar protokol kesehatan. 

Dikemukakannya, sebagian besar masyarakat telah mentaati imbauan melaksanakan protokol kesehatan,namun hanya sebagian terutama dari kalangan remaja masih mengabaikan imbauan tersebut. 

Dia berharap masyarakat khususnya generasi muda lebih peduli akan kesehatan agar tidak terpapar virus COVID-19.

“Generasi muda harus tetap waspada dengan adanya COVID-19, keluar rumah jika perlu saja, jaga jarak, menggunakan masker, sayangi diri agar masyarakat Paser tetap sehat,” ujar  Sarman. (ADV/MC Kominfo Paser) 
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020