Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Dua pelajar SMA asal Kaltim terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional yang akan mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada 17 Agustus 2012 di Istana Merdeka Jakarta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olaharga (Dispora) Provinsi Kaltim H Sigit Muryono, Senin, mengatakan dua pelajar Kaltim yang masuk tim Paskibraka itu adalah Fauzi Prawira Karva dari SMAN 4 Tanjung Redeb, Berau dan Thelma Saptari Lalamentik dari SMAN 1 Sangatta Utara, Kutai Timur.

Dua pelajar tersebut, lanjutnya, saat ini sedang menjalani pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, Jakarta. Rencananya mereka akan kembali ke Kaltim pada 18 Agustus 2012.

Selain itu, lanjut Sigit, terdapat pula enam pemuda Kaltim yang terpilih masuk dalam program Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/Kapal Pemuda Nusantara (LNRPB/KPN) Sail Morotai 2012.

Dia berharap agar para duta Kaltim ini mampu mengharumkan nama Kaltim di kancah nasional, termasuk menjaga nama baik daerah di mata duta pelajar atau pemuda dari daerah lain.

Harapan lainnya, katanya, para duta tersebut harus mampu menunjukkan kemampuan yang terbaik, menerapkan kedisiplinan dalam berbagai hal, dan terus optimistis agar berhasil.

Enam pemuda itu dijadwalkan mendapat pembekalan di Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta pada 26 Agustus 2012.

Selanjutnya mereka bersama duta daerah lain akan berlayar dengan rute Jakarta-Ambon-Sorong-Raja Ampat-Morotai-Ternate-Makassar-Jakarta sampai 26 September 2012.

Keikutsertaan para pemuda Kaltim ini, lanjut Sigit, lantaran didorong semangat kebersamaan Membangun Kaltim untuk Semua di bidang olahraga dan kepemudaan.

Dalam rencana strategis pembentukan SKPD, lanjutnya, Dispora Kaltim mengacu pada tiga Undang-undang (UU) yang melekat, yakni UU Keolahragaan, UU Kepemudaan, dan UU Pramuka.

Terkait duta pelajar yang terpilih masuk tim Paskibraka, sebelumnya menjalani berbagai seleksi ketat yang melibatkan unsur TNI, Psikolog dan Dinas Pariwisata Kaltim.

"Tentu kita berharap agar perwakilan Kaltim dapat menjadi pengibar bendera pusaka pada upacara peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2012 di Istana Negara, Jakarta," katanya.

Begitu juga peserta LNRPB/KPN. Ia berharap, enam pemuda ini - tiga putra dan tiga puti - bisa menggali informasi sebanyak mungkin tentang khasanah kebudyaan negeri, agar dapat bermanfaat bagi Kaltim.

"Para duta Kaltim ini juga bisa mempromosikan berbagai potensi pariwisata di Kaltim, khususnya mempromosikan tentang rencana Sail Derawan 2013 yang akan digelar di Kabupaten Berau," ujar Sigit.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012