Tanjung Redeb, 22/7 (ANTARA) - Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Berau Mappasikra Mappaseleng SE mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengucurkan dana untuk pengembangan wisata di kabupaten itu, termasuk untuk mendukung pelaksanaan Sail Derawan 2013.

"Salah satu yang diberikan adalah peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana pariwisata, seperti dermaga pariwisata dan fasilitas lainnya," kata Mappasikra Mappaseleng di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Minggu.

Karena, katanya, menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu yang belum lama ini berkunjung ke Berau, kemudahan menjangkau lokasi wisata merupakan salah satu syarat menarik minat wisatawan yang berkunjung, termasuk dukungan fasilitas di Bandara Kalimarau.

Tak hanya sebatas mendukung sarana dan prasarana, tetapi Kementerian Pariwisata akan memberikan anggaran lebih dalam promosi wisata Derawan, sehingga ditargetkan kunjungan wisatawan ke Derawan bisa meningkat hingga dua kali lipat.

"Karena itu, pengelolaan pariwisata untuk Derawan harus dilakukan serius dan terencana," katanya.

Sedangakan konsultan Sail Derawan 2013, Aji Sularso, yang mendampingi Menteri Mari Elka Pangestu saat kunjungan kerjanya ke Pulau Derawan, mengatakan bahwa Sail Derawan 2013 bakal menjadi ajang promosi terbesar pariwisata di Kaltim.

Menurut Mappasikra, dalam Saial Derawan akan digelar kegiatan setingkat internasional, yang diperkirakan bakal mendatangkan jumlah wisatawan cukup besar.

"Dalam hal ini Pemkab Berau dan Pemprov Kaltim siap. Saat ini ini, kami tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat yang menetapkan Pulau Derawan sebagai tuan rumah Sail Derawan 2013," katanya. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012