Sinergitas antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Hetifah Sjaifudian, anggota DPRRI Dapil Provinsi Kaltim, menyalurkan 1.400 paket bantuan bahan pokok dan lauk pauk (Balasa) bagi pelaku parekraf di Samarinda yang terdampak COVID-19.


"Alhamdulillah hari ini bisa menyalurkan 1.400 paket bagi pelaku ekonomi kreatif di Samarinda yang terdampak pandemi virus corona, dari total 7.050 paket Balasa untuk seluruh Kaltim," ujar Hetifah Sjaifudian yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI saat hadir secara virtual dalam penyerahan paket di Samarinda, Rabu.

Dalam penyerahan paket yang dilakukan di Polresta Samarinda ini dihadiri secara fisik oleh Yan Permana selaku Kasi Pemasaran Area IV Kemenparekraf, Masrullah selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Samarinda, dan Wakil Kepala Polresta Samarinda AKBP Dedy Agustono.

Sejumlah perwakilan organisasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif seperti Bubuhan Kopi Samarinda, Perajin Manik Samarinda, UKM Samarinda, serta Himpunan Pramuwisata Indonesia Samarinda pun turut hadir dalam penyerahan secara simbolis paket bantuan tersebut.

Dalam giat yang juga dilakukan secara virtual melalui zoom meeting ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim Sri Wahyuni. Sri menyatakan apresiasinya atas sinergitas semua pihak sehingga penyaluran bantuan dampak COVID-19 bisa dilakukan.

Hetifah Sjaifudian sebagai penggagas acara ini, melalui zoom meeting menyampaikan pentingnya kolaborasi antarlembaga, terutama dalam upaya memulihkan sektor parekraf yang terpuruk akibat pandemi.

Ia mengatakan bahwa acara ini diharapkan dapat dilihat sebagai simbolisasi kerja sama yang baik antarlembaga, sehingga setelah ini makin banyak lembaga lain yang melakukan kerja sama untuk membantu mereka yang lemah.

Ia juga berharap agar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim dan di kabupaten/kota, ke depan makin gencar menjembatani upaya menghidupkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk kerja sama antara daerah dengan pemerintah pusat.

Hetifah juga mengatakan bahwa ke depan akan diadakan berbagai program untuk menggairahkan Parekraf, termasuk bantuan di sektor Parekraf Kaltim dalam beberapa bulan ke depan.

"Selain program Balasa yang sudah dilaksanakan di Balikpapan dan Samarinda, masih banyak program lain yang akan kita lakukan bersama, seperti lanjutan Balasa di Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, dan Kabupaten Berau di awal Agustus mendatang yang totalnya ada 7.050 paket Balasa," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sri Wahyuni menyampaikan apresiasi kepada Kemenparekraf yang bekerjasama dengan Hetifah dari Komisi X dan jajaran Polresta Samarinda, dalam upaya bersama memulihkan pariwisata sehingga diharapkan bantuan ini menjadi stimulus untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020