Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser melakukan evakuasi  terhadap 235  warga  di Kecamatan Long Ikis yang terdampak banjir pada  Minggu (12/7). 


“Ada dua posko didirikan untuk warga yang terdampak banjir. Mereka dievakuasi menggunakan  dua perahu,"Kata Hendry, anggota Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalop) pada BPBD Paser, Senin (13/7)

Ia mengatakan banjir yang menggenangi rumah-rumah warga tersebut setinggi  2 meter dan sekitar 235 warga yang terdampak di wilayah Kecamatan Long Ikis

Menurutnya banjir  setinggi  2 meter tersebut menggenangi rumah-rumah warga di  5 RT dan sebanyak  66 kepala keluarga mengungsi ke kerabat terdekat.

Musibah banjir yang  terjadi di Kecamatan Long Ikis tersebut disebabkan tingginya curah hujan.

Banjir selain menggenangi  pemukiman warga juga menggenangi fasilitas umum seperti musala, sekolah, gedung pemerintahan, dan posyandu.

 Hendry menyebutkan selain BPBD Paser , masyarakat dan relawan juga turut membantu dalam penanganan  atau evakuasi korban banjir .

Berdasarkan pantauan hingga Senin siang, banjir di lokasi sudah mulai surut. Namun sebelumnya BPBD Paser telah bersiaga mengantisipasi kemungkinan terjadi banjir susulan. (ADV/MC Kominfo Paser)
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020